Jakarta,7/9 (ANTARA) - Lonjakan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melalui bandara udara (Bandara) Minangkabau Padang, Sumatera Barat pada Juli 2009 sebesar 6.872 orang atau naik 101,56% dibanding periode yang sama tahun 2008 lalu didominasi turis dari Malaysia.
    
     Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Jaringan (P2DSJ) Depbudpar menyebutkan, selama Juli wisman berkebangsaan Malaysia yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Minangkabau sebanyak 4.991 orang atau mencapai 73% dari total kunjungan wisman Malaysia sebanyak 6.872 orang.
   
     Selain wisman Malaysia, turis berkebangsaan  Singapura, Australia, dan Amerika Serikat cukup banyak yang masuk melalui Bandara Minangkabau masing-masing mencapai 557 orang, 157 orang, dan 118 orang.

     Selama Januari-Juli 2009 jumlah kunjungan wisman yang masuk melalui Bandara Minangkabau mencapai 36.287 orang atau terjadi kenaikkan 81,49% dibanding periode yang sama tahun 2008 lalu. Dari jumlah kunjungan wisman tersebut turis Malaysia sebesar 25.520 orang atau mencapai 70%.
   
     Tingginya kunjungan wisman Malaysia ke Sumbar tersebut selain karena faktor kedekatan hubungan budaya dan sejarah maupun mudahnya aksesibilitas terutama transportasi udara dari kota-kota besar di Malaysia ke Minangkabau, penyebab lainnya adalah  gencar promosi pariwisata ke Negeri Jiran. Depbudpar bersama para pelaku bisnis pariwisata termasuk airlines belakangan ini menggencarkan promosi paket wisata "Pulang Basamo "ke Malaysia dan Singapura. Pada musim liburan panjang seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha serta Natal dan Tahun Baru banyak wisatawan dari Malaysia dan Singapura berlibur ke Sumbar.
   
     Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Surya Dharma,Kepala Pusat Penerangan dan Humas, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata


Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2009