Jakarta (ANTARA News) - Dua gempa terjadi hampir bersamaan di dua lokasi berbeda, dengan kekuatan 5.0 SR di Bengkulu dan 5.6 SR di NTB dengan selang waktu hanya dua menit.

Gempa pertama berkekuatan 5.0 skala ricther (SR) dengan pusat gempa di 51 km barat daya dari Mukomuko, Bengkulu dan kedalaman 30 km di bawah tanah terjadi pada pukul 22:20 WIB.

Menurut salah seorang analis gempa dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Rasidi, gempa yang berlokasi pada 3.0 lintang Selatan-100.93 Bujur Timur tidak berpotensi menyebabkan tsunami karena pusat gempa yang terletak jauh di bawah tanah.

Dua menit sebelum Gempa tersebut, sebuah gempa berkekuatan 5,6 skala ricther juga terjadi pada pukul 22:18 WIB di 61 km Timur Laut Sumbawa Besar, NTB.

Pusat gempa terletak di 7.95 LS - 117.47 BT dengan kedalaman 204 km di bawah tanah, Rasidi juga mengatakan bahwa gepa ini juga tidak berpotensi gempa.

"Gempa yang terjadi kemungkinan disebabkan oleh pergeseran horizontal lempengan, maka tidak ada potensi tsunami. Namun kami masih menunggu laporan lebih lanjut dari kantor-kantor di daerah untuk kemungkinan tsunami," katanya kepada ANTARA, Selasa.

Menurutnya jika pergeseran lempengan yang menyebabkan gemps tersebut vertikal, maka ada kemungkinan besar tsunami terjadi, namun dari kedua gempa yang hampir bersamaan ini tidak.(*)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009