Semarang (ANTARA Nrews) - Acara timbang badan dan cek kesehatan untuk mengetahui seorang petinju layak naik ring atau tidak bagi juara dunia kelas bulu WBA Chris John dan penantangnya Rocky Juarez dilakukan 18 September 2009.

"Berdasarkan aturan 24 jam sebelum pertarungan harus melakukan timbang badan dan cek kesehatan," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Selasa.

Menurut dia, berat badannya sekarang sudah memasuki berat ideal di kelasnya, yaitu 57,1 kilogram. "Saya masih harus menyelesaikan beberapa kali latihan dengan teman latih tanding, kemudian baru memasuki tahapan penyetabilan berat badan," katanya.

Mitra latih tanding selama berada di kawasan perbukitan Big Bear (pusat tinju yang biasanya untuk persiapan petinju dunia sebelum naik ring) bernama The Summit ini dua orang yaitu mantan juara dunia kelas bulu IBF, Orlando Salido dan Eloy Perez.

"Saya benar-benar sudah siap untuk pertarungan melawan Juarez dan saya berharap penampilan saya lebih baik dibanding saat pertarungan pertama di Toyota Center Houston, Texas, Amerika Serikat, 28 Maret 2009," kata petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng.

Pertarungan tunda Chris John melawan Rocky Juarez bakal digelar di MGM Grand Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 19 September 2009 dan direncanakan disiarkan secara langsung oleh sebuah stasiun televisi swasta nasional.

Sebenarnya pertarungan kedua petinju itu digelar di Staples Center Los Angeles Amerika Serikat, 27 Juni 2009 tetapi akhirnya dibatalkan karena petinju dengan julukan The Dragon tersebut mengalami gangguan pernapasan seminggu sebelum naik ring.

Suami mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati tersebut mengakui, saat ini latihan difokuskan untuk mempertajam teknik dengan mitra tanding, dan lain sebagainya dengan harapan dirinya tetap memiliki kecapatan dan bobot pukulan yang memadai mengingat Juarez memiliki kualitas pukulan yang bagus.

Faktor stamina, lanjut ayah dua orang putri itu (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) juga mendapat perhatian dari pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian.

Menurut dia, menghadapi Juarez, dirinya dituntut memiliki fisik yang prima."Juarez memang cukup alot dan saya yakin dia mempersiapkan diri dengan baik untuk pertarungan mendatang. Craig Christian menggembleng saya dengan keras supaya memiliki stamina dan teknik yang bagus," kata petinju dengan gelar Super Champions tersebut.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009