Jember (ANTARA News) - Mantan Ibu Negara, Sinta Nuriyah Wahid bersama sejumlah pengurus Yayasan Puan Amal Hayati menggelar acara sahur bersama kaum duafa di Lingkungan Tegal Boto Lor, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu.

Acara itu digelar secara sederhana dan dihadiri puluhan warga duafa di sekitar perkampungan penduduk di kawasan kampus Universitas Jember.

"Acara sahur bersama warga duafa di Jember sudah menjadi agenda rutin saya pada bulan Ramadhan setiap tahun," kata Sinta kepada puluhan warga Jember.

Kehadiran istri Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu mendapat sambutan yang meriah dari warga setempat, meski acara sahur hanya digelar di halaman rumah perkampungan warga gang Citra di Lingkungan Tegalboto Lor tersebut.

Menurut dia, tujuan acara sahur bersama di Jember untuk mempererat tali silaturahmi dengan warga setempat dan mengajak masyarakat untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

"Saya berharap warga yang hadir di sini menjalankan ibadah puasa dengan baik sesuai dengan ajaran agama Islam," katanya.

Ia berpesan agar masyarakat bisa memaknai hikmah bulan Ramadhan untuk meningkatkan kejujuran, kesabaran, ketakwaan dan rasa persaudaraan.

"Bulan yang penuh berkah ini harus dijadikan momentum untuk meningkatkan kesabaran, ketakwaan dan tawakal kepada Allah SWT," katanya.

Setelah memberikan ceramah beberapa menit, mantan Ibu Negara itu mengajak warga untuk sahur bersama dengan nasi kotak yang sudah dibagikan panitia kepada warga yang hadir.

"Mari kita membaca niat sahur dan makan sahur bersama dengan makanan yang sudah disediakan oleh panitia," katanya.

Setelah sahur, Sinta juga melanjutkan acara itu dengan dialog bersama warga setempat untuk mengetahui keluhan warga seputar kehidupan mereka.(*)

Pewarta: imung
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009