London (ANTARA News/Reuters) - Williams dan Force India telah bergabung kembali dengan Persatuan Tim Formula Satu (FOTA) setelah diskors di awal musim ini, kata FOTA, Rabu.

FOTA, yang mewakili tim-tim sebagai suatu badan persatuan dalam perundingan-perundingan dengan Federasi Automobil Internasional (FIA), dan para pemegang hak komersial, mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan komite eksekutif bahwa pihaknya menyambut baik kembalinya kedua tim Formula Satu itu, sementara juga masih terbuka bagi tim-tim baru.

Williams diskors bulan Mei setelah mereka pecah dengan tim lainnya dan secara resmi mendaftarkan diri masuk ke kejuaraan 2010.

Keanggotaan Force India dibekukan bulan Juni setelah mereka melakukan hal yang sama. Semua tim tersebut sejak itu menandatangani persetujuan komersial baru "Concorde Agreement" yang mengikat mereka pada kejuaraan tersebut sampai 2012.

FOTA mengatakan mereka kini mempertimbangkan perpanjangan persetujuan itu hingga setelah 2012, serta mempertimbangkan cara-cara "develop the show" bagi para penggemar.

"Komite Eksekutif FOTA mengajukan kerja sama dengan FIA dan pemegang hak komersial untuk mempromosikan olah raga yang berkesinambungan, dinamis, dan sehat," kata pernyataan itu, yang diumumkan setelah pertemuan komite eksekutif di Monza menjelang Grand Prix Italia akhir pekan ini.

"Untuk mencapai hal tersebut, FOTA kini bermaksud membuka perundingan terbuka dengan pemegang hak komersial dengan keinginan menegaskan pengaturan-pengaturan setelah 2012," katanya.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009