Washington (ANTARA News/AFP) - Prospek ekonomi AS telah menjadi "positif dengan hati-hati" dengan kondisi stabil dari resesi yang mendalam, Federal Reserve mengatakan dalam laporan Beige Book pada Rabu.

Beberapa daerah di negara itu memperlihatkan pengencangan kegiatan ekonomi, dengan lainnya menunjukkan perbaikan, menurut survei kondisi yang dikeluarkan oleh bank sentral untuk digunakan oleh para pembuat kebijakan pada pertemuan mereka 22-23 September.

"Laporan dari 12 distrik Federal Reserve menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi terus menjadi stabil pada bulan Juli dan Agustus," kata Beige Book.

"Sebagian besar kabupaten mencatat bahwa prospek kegiatan ekonomi di antara kontak bisnis mereka tetap positif dengan hati-hati."

Laporan ini konsisten dengan data lain yang menunjukkan ekonomi mulai muncul dari resesi yang brutal yang dimulai pada bulan Desember 2007.

Produk domestik bruto (PDB) AS menyusut pada laju 1,0 persen dalam kuartal kedua setelah turun curam 6,4 persen pada kuartal pertama. Tetapi data yang lebih baru menunjukkan pertumbuhan pada kuartal ketiga.

Beige Book mengatakan, bahwa penjualan ritel, pendorong utama kegiatan ekonomi, datar di sebagian besar daerah. Tetapi program insentif trade-in "Cash for Clunkers" meningkatkan lalu lintas dan penjualan mobil.

Kebanyakan daerah dilaporkan mengalami beberapa perbaikan dalam pasar perumahan real estat meskipun ada "tekanan turun harga rumah" di banyak negara. Namun permintaan real estat "lemah" di seluruh Amerika Serikat, kata laporan.

Manufaktur adalah titik terang, menurut The Fed, dengan perbaikan hampir di semua daerah, konsisten dengan survei lain yang menunjukkan produksi industri naik.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009