Asuncion,(ANTARA News) - Paraguay lolos untuk keempat kali berturut-turut ke putaran final Piala Dunia dengan kemenangan 1-0 atas 10 pemain Argentina, Rabu waktu setempat.

Striker Nelson Haedo mencetak gol sebelum waktu menunjukkan setengah jam untuk memastikan tempat bagi Paraguay di Afrika Selatan tahun depan, dan mengirim tim asuhan Diego Maradona terpuruk dalam kekalahan ketiga beruntun pada kualifikasi dan kekalahan keempat dalam enam pertandingan kualifikasi, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Paraguay naik ke urutan kedua dalam Grup Amerika Selatan dengan 30 poin, hanya selisih gol yang memisahkan mereka dari pemimpin klasemen Brazil, yang bertanding di kandang sendiri melawan Chile, Rabu.

Argentina, yang terancam serius tidak lolos kualifikasi, turun dari empat posisi teratas yang otomatis mendapat tempat, posisi mereka sebelumnya diambil alih oleh Ekuador. Mereka menempati tempat kelima yang akan mengirim mereka ke pertandingan playoff dua leg melawan tim urutan keempat di zona CONCACAF.

Haedo saling mengumpan dengan pemain tengah Edgar Barreto dalam serangan mengalir melalui pertahanan Argentina sebelum sesama striker Salvador Cabanas menyiapkannya untuk mencetak gol melalui tembakan rendah melewati kiper Sergio Romero yang menjatuhkan diri.

Argentina kehilangan pemain tengah Juan Sebastian Veron, salah satu pemain bagus dalam tim yang buruk penampilannya, delapan menit memasuki babak kedua, ketika ia diusir dari lapangan karena mentekel, pelanggaran kedua yang dilakukannya.(*)

Pewarta: mansy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009