Merida, Spanyol,(ANTARA News) - Spanyol berhasil merebut satu tempat mereka pada putaran final Piala Dunia tahun depan ketika satu serangan dari Cesc Fabregas memastikan kemenangan mereka 3-0 atas tim tamu Estonia di Grup Lima.

Kemenangan di malam itu di stadion Estadio Romano di Merida berarti Spanyol lolos kualifikasi sebagai juara grup dengan sisa dua pertandingan dan delapan kemenangan dari delapan pertandingan, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Juara Eropa itu sulit melakukan operan bola seperti yang biasa mereka lakukan di awal2 pertandingan di lapangan yang sempit karena arenanya kecil dan Estonia menciptakan banyak peluang gol yang bagus.

Konstantin Vassiljev melompat melewati Gerard Pique di sisi kiri lapangan pada menit ke-17 dan mengirim umpan matang tetapi Tarmo

Kink gagal melesakkannya lewat tandukannya karena bola mengenai mistar gawang sebelum Sergei Zenjov juga menyarangkan bola hasil umpan

David Villa menembakkan bola umpan dari Xavi di menit ke-24 namun gagal masuk ke gawang dan Fernando Torres melakukan hal yang sama semenit setelah babak kedua dimulai.

Fabregas melakukan serangan di menit ke-33 ketika ia melakukan pasing dengan David Silva di sisi kotak penalti dan melesakkan bola ke gawang setelah melewati kiper Sergei Pareiko.

Pemain pengganti Santi Cazorla membuat skor Spanyol menjadi 2-0 ketika ia menyarangkan bola dari jarak dekat dan Juan Mata turun dari bangku cadangan untuk mencetak gol di pertambahan waktu 90 menit lewat tembakannya yang dilakukan dengan tenang.

Sesaat setelah peluit akhir berbunyi, penonton meledak dalam kegembiraan dengan meneriakkan "Espana! Espana!".

Hasil imbang Bosnia 1-1 saat melawan tim tamu Turki dalam pertandingan lain Grup Lima Rabu membuat Spanyol lolos kualifikasi dan kemenangan itu menyusul kemenangan telak 5-0 Sabtu saat bertemu dengan Belgia.(*)

Pewarta: mansy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009