Johannesburg, (ANTARA News)- Satu nama baru bakal muncul dalam pemilihan pemain terbaik Afrika 2008 yang akan diumumkan bulan depan, setelah tiga bintang masuk dalam daftar nominasi utama, Rabu.

Striker Arsenal dan tim nasional Togo, Emmanuel Adebayor difavoritkan untuk memenangi penghargaan "African Footballer of the Year" itu, bersaing dengan pemain tengah Chelsea dan Ghana, Michael Essien, serta Mohamed Aboutraika dari Mesir dan klub Al-Ahly, demikian diwartakan AFP.

Essien, yang cukup lama istirahat karena cedera, sempat meraih urutan kedua dan ketiga pada dua kali pemberian penghargaan pemain terbaik Afrika sebelumnya, sementara Adebayor dan Aboutraika belum pernah masuk dalam nominasi utama.

Tidak masuknya striker Chelsea Didier Drogba kini bukan lagi suatu kejutan, dan menyelamatkan muka Federasi Sepak Bola Afrika selaku panitia penghargaan.

Hal tersebut karena pemain asal Pantai Gading itu mengatakan bahwa dirinya tidak tertarik pada penghargaan tersebut.
   Tahun lalu Drogba menolak meninggalkan turnamen Piala Afrika di Ghana untuk menghadiri acara pemilihan pemain terbaik Afrika 2007 di Togo.
    Akhirnya pemain Mali kelahiran Prancis, Frederi Kanoute yang meraih tropi pemain terbaik Afrika 2007. Ia juga menjadi pemain pertama kelahiran di luar Afrika yang memenangi penghargaan itu.
    Adebayor telah mencetak tujuh gol bagi Arsenal pada Liga Inggris, dan empat gol di babak kualifikasi Piala Dunia melawan Swaziland Oktober lalu.
    Togo masih berpeluang untuk kembali tampil pada putaran final Piala Dunia di Afrika Selatan tahun depan.
    Aboutraika, yang berperan atas sukses Mesir di Piala Afrika dan Liga Champions Afrika untuk klub Al-Ahly, juga berpeluang untuk meraih penghargaan pemain terbaik Afrika untuk pertama kalinya.
    Pemberian Penghargaan African Footballer of The Year tahun ini akan berlangsung di Lagos, 10 Februari mendatang.(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009