London (ANTARA News) - Para pejabat kesehatan, Sabtu, mengatakan 12 anak kini dirawat di rumah sakit setelah terserang bakteri E.coli saat mengunjungi satu peternakan tempat pengunjung bermain dengan hewan peliharaan.

Sebanyak 36 orang telah menderita sakit "gastrointestinal" akibat wabah tersebut, yang dilacak berasal dari Godstone Farm di Surrey, kata Dinas Perlindungan Kesehatan (HPA) seperti dilaporkan Reuters.

Empat anak yang terinfeksi berada dalam kondisi sangat parah, kata laporan media.

Peternakan itu, yang mengizinkan anak-anak melihat dan menyentuh bermacam hewan dan menarik sampai 2.000 pengunjung per hari, telah ditutup sementara penyelidikan terperinci dilakukan.

"Ini adalah wabah besar infeksi ini," kata Dr. Angela Iversen, Direktur Unit Perlindungan Kesehatan setempat.

"Pemilik peternakan sepenuhnya bekerja sama dan kami melakukan pekerjaan secara seksama dengan mereka dan dengan rekan kami di seluruh lembaga kesehatan dan lokal guna menyelidiki sumber penyakit."

Bakteri E.coli 0157 mengakibatkan diare dan muntah-muntah, tapi dapat mengakibatkan gagal ginjal, terutama pada anak kecil, kata HPA. Para pejabat percaya wabah tersebut mulai menyebar pada 8 Agustus.

"E.coli 0157 adalah infeksi yang dapat menyerang orang saat mereka memegang hewan, kecuali tangan dicuci secara menyeluruh setelah itu untuk meminimalkan resiko," kata Iversen.

"Itu juga dapat dengan mudah menyebar dari orang ke orang, sehingga kesehatan yang bagus sangat penting, terutama pada anak kecil," katanya.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009