Tangerang (ANTARA News) - Sekitar 30 aparat bersenjata lengkap dari Polres Khusus Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, disiagakan untuk mengamankan terminal keberangkatan dan kedatangan selama mudik Lebaran.

"Kita mendapatkan bantuan pengamanan dari Polres Khusus Bandara sebanyak 30 polisi bersenjata lengkap untuk mengantisipasi pengamanan arus mudik Lebaran di bandara," ungkap Kepala Cabang Utama PT Angkasa Pura (AP) II Haryanto di Tangerang, Minggu.

Haryanto mengatakan, ke-30 polisi bersenjata lengkap bersiaga penuh di terminal keberangkatan dan kedatangan 1, 2, dan 3 serta bersiaga di beberapa posko yang dibangun.

Seluruh polisi bersenjata lengkap diutamakan menjaga terminal 1 A, B dan terminal 2 E selama terjadinya lonjakan dan penumpukan arus mudik Lebaran dan mengawasi titik-titik rawan.

"Dua orang petugas bersenjata lengkap disiagakan di setiap posko yang akan kita sediakan dan di sejumlah terminal," ujar Haryanto.

Disiagakannya 30 aparat kepolisian bersenjata lengkap dimaksudnya untuk mengamankan bandara dari kemungkinan ancaman para teroris maupun pihak-pihak lain yang dianggap dapat menganggu aktivitas di bandara.

Haryanto mengaku, PT AP II juga merekrut 250 petugas keamanan baru untuk disiagakan penuh di sejumlah posko, sebab PT AP II hanya memiliki 60 orang petugas keamanan.

Ia mengungkapkan, mulai Senin (14/9) 250 petugas keamanan itu akan ditempatkan di masing-masing posko untuk mengamankan seluruh bandara dan diterjunkan di setiap titik.

"Senin sore besok rencananya Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafii Djamal secara langsung melihat persiapan pengamanan dan keamanan di bandara," katanya.

Sementara itu, pantauan di terminal 1 A, Minggu (13/9), dua orang petugas Polsek Khusus BSH bersenjata lengkap menyisir lokasi-lokasi di berbagai tempat.

Di terminal 1 B, empat petugas Polsek Khusus bersenjata lengkap silih berganti melakukan patroli di ruang tunggu keberangkatan dan kedatangan penumpang.

"Aparat kepolisian bersenjata lengkap bersiaga 24 jam penuh memantau aktivitas yang ada di Bandara," ungkap Hariyanto.

Adapun di halaman parkir kendaraan roda empat terminal 1 A, didirikan tenda posko pengamanan berukuran besar milik Polsek Khusus Bandara.

Di pintu M-1 arah masuk menuju bandara, puluhan petugas dan empat kendaraan patroli milik Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polsek Khusus Bandara Soekarno Hatta terlihat bersiaga.
(*)

Pewarta: mansy
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009