Madrid (ANTARA News/Reuters) - Pemain nasional Spanyol David Villa mencetak dua gol, sementara David Silva dan Juan Mata masing-masing menyumbang satu gol ketika Valencia menaklukkan Real Valladolid 4-2 pada kompetisi Liga Spanyol, Minggu malam (Senin dinihari WIB).

Dengan trio Spanyol itu, Valencia yang telah mencatat dua kali kemenangan berturut-turut tampak makin menunjukkan potensinya untuk bisa menyaingi dominasi dua klub raksasa Real Madrid dan Barcelona di Liga Spanyol.

Ketiga klub itu sementara berada di puncak klasemen dengan nilai maksimum enam dari dua kali pertandingan.

Silva membuka skor pada menit ke-10 setelah mendapat umpan Juan Mata. Namun Valladolid dapat menyamakan kedudukan melalui Nauzet Aleman di menit ke-30.

Villa membuat timnya memimpin lagi pada menit ke-34 dan Mata menambah keunggulan Valencia setelah tendangannya melintas di antara kaki kiper Valladolid Jacoba Sanz menjelang pertandingan babak pertama usai.

Saat babak kedua baru berjalan 10 menit, pemain Valencia Miguel Monteira menyodorkan umpan kepada Villa, yang dapat diselesaikan oleh striker Spanyol itu dengan tendangan rendah ke gawang Valladolid.

Tuan rumah Valladolid hanya bisa memperkecil ketinggalan pada menit ke-66 melalui striker asal Angola Manucho.

Pada pertandingan lainnya, tendangan bebas pemain Real Mallorca Borja Valero menembus kerumunan pemain belakang tuan rumah Villareal dan gagal diantisipasi kiper Diego Lopez.

Dengan gol tersebut Mallorca berhasil menahan imbang Villareal 1-1 dalam pertandingan yang diguyur hujan itu.

Di kandang Sporting Gijon, tim tuan rumah menang 1-0 atas Almeria.

Tenerife juga mencatat kemenangan di kandang sendiri, 2-1 atas Osasuna yang pada pertandingan itu dua pemainnya terkena kartu merah.

Pada pertandingan lainnya Deportivo Coruna mengalahkan Malaga 1-0.

Hujan lebat yang mengguyur Stadion Madrigal milik Villareal pada babak kedua mengakibatkan lapangan tergenang dan para pemain harus berupaya keras dalam mengontrol bola.

Striker Villareal Giuseppe Rossi berada pada posisi yang tepat ketika bola terlepas dari kiper asal Iseal Dudu Aoate pada menit ke-54. Tendangan kerasnya pada menit ke-54 menembus kaki pemain belakang Mallorca dan masuk gawang.

Namun Villareal tidak dapat mempertahankan keunggulannya setelah kiper Lopez gagal menyelamatkan gawangnya dari tendangan rendah Valero di menit ke-75.

Dengan demikian Villareal sudah dua kali bermain imbang setelah pekan lalu mereka menahan tuan rumah Osasusa 1-1.

"Kami lebih senang dibanding ketika bermain lawan Osasuna karena para pemain tampil lebih bagus, khususnya di babak pertama," kata pelatih Villareal Ernesto Valverde seraya menambahkan bahwa hujan lebat membuat pertandingan menjadi lebih berat.

Sementara itu pendatang baru di La Liga, Xerez harus mengakui keunggulan tim tambah Athelic Bilbao 0-1.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009