New York (ANTARA News/Reuters) - Roger Federer menyulap satu "winner" cemerlang dari antara kedua kakinya untuk menghasilkan "match point" saat ia menumbangkan Novak Djokovic 7-6 7-5 7-5 pada semifinal, sehingga kurang satu pertandingan lagi untuk mencapai gelar keenam berturut-turut di AS Terbuka.

Unggulan teratas Federer akan menghadapi petenis Argentina yang berusia 20 tahun Juan Martin del Potro, unggulan keenam, yang mencapai final grand slam pertamanya dengan menyisihkan Rafael Nadal dari Spanyol 6-2 6-2 6-2.

Juara Prancis Terbuka dan Wimbledon Federer, yang ingin menyamai rekor petenis Amerika Bill Tilden, yang memperoleh enam gelar AS Terbuka berturut-turut pada 1920-an, menang dalam tiebreak set pertama 7-3 dengan merebut lima dari enam poin terakhir.

Set kedua ditentukan oleh servis "break" pada game terakhir ketika pemain Swiss berusia 28 tahun itu menyudahi "set point" ketiga dengan "forehand winner".

Ia mendapat "match point" tiga kali dalam pertandingan yang menghibur itu dengan melaju ke "basemant" mendapatkan kembali satu lob dari unggulan keempat asal Serbia itu dan, dia maju ke arah net, memukul winner rendah menyilang lapangan yang melewati Djokovic.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009