Barcelona (ANTARA News/Reuters) - Spanyol memiliki peluang bagus untuk pertama kalinya meraih gelar Piala Dunia di Afrika Selatan tahun depan, tetapi mungkin giliran Inggris dan Pantai Gading sebagai kuda hitam yang akan tampil sebagai juara, kata pemain tengah Xavi.

Juara Eropa, Spanyol, lolos dari babak penyisihan dan maju ke final 2010 setelah menang delapan kali dari delapan penyisihan dan kalah hanya sekali dalam 40 pertandingan sejak Desember 2006. Ketika itu mereka kalah 0-2 dari AS pada Piala Konfederasi.

"Kami memiliki pemain hebat pada generasi sekarang, kami sudah lolos ke Afrika Selatan dan juga memiliki pengalaman bermain di sana," kata Xavi, pemain terbaik dari turnamen Euro 2008, dalam wawancara dengan Reuters.

"Kami merupakan tim pemenang dalam kompetisi yang amat berat di dunia itu dan memiliki peluang dan semua hal itu membuat kami amat takjub," katanya.

Di bawah asuhan pelatih mereka dari Italia, Fabio Capello, Inggris kelihatannya menemukan bentuk baru dan fondasi amat solid untuk menemukan keberhasilan mereka, kata Xavi dengan menambahkan, Brazil, Italia dan Jerman juga berada dalam saingan utama Spanyol.

Ia memuji mutu permainan berorangan pemain Inggris seperti Frank Lampard, Steven Gerrard dan Wayne Rooney, yang sedang dalam kondisi puncak dan mengatakan pemain bertahan termasuk kapten John Terry dan Rio Ferdinand akan amat sulit ditekan.

"Inggris banyak absen dalam Euro 2008 dan saya berharap mereka akan mampu menunjukkan kiprah serta memenangi Piala Dunia," kata pemain berusia 29 tahun dari Barcelona itu.

"Dan kita juga akan menyaksikan hal mengejutkan dari negara Afrika seperti Pantai Gading," katanya, "Mereka kelihatannya amat kuat saat ini."(*)

Pewarta: ricka
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009