Kudus (ANTARA News) - Belasan petugas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah disiagakan selama 24 jam untuk memastikan kelancaran pasokan air ke pelanggan selama Lebaran 2009.

"Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kebutuhan air pelanggan selama Lebaran selalu meningkat. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait pasokan air ke pelanggan belasan petugas harus disiagakan selama 24 jam," kata Kepala Bagian Produksi PDAM Kudus, Zaenal Fathikin, Rabu.

Siaga selama 24 jam tersebut, katanya, bertujuan untuk memastikan pasokan air ke pelanggan selama Lebaran tidak ada gangguan.

"Petugas yang disiagakan selama 24 jam dilakukan secara bergiliran dan diprioritaskan mulai bertugas pada H-1 Lebaran hingga setelah Lebaran," ujarnya.

Selain melayani aduan pelanggan, katanya, petugas jaga tersebut juga bertugas mengontrol kondisi mesin di masing-masing sumur produksinya.

Adapun jumlah sumur produksinya, mencapai 29 sumur dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 291 liter per detik untuk memasok 19.867 pelanggan.

"Beberapa sumur produksi ada yang dioperasionalkan selama 20 jam. Jika pasokan air ke pelanggan belum mencukupi, tentu akan dioperasionalkan hingga 24 jam," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pelanggan PDAM di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Ani (32) berharap, pasokan air selama Lebaran tidak ada gangguan, mengingat kebutuhan saat itu meningkat.

"Pasalnya, keluarga dari luar kota banyak yang datang untuk silaturahmi, sehingga membutuhkan pasokan air yang cukup banyak," ujarnya.

Ia berharap, PDAM meningkatkan pasokan air bersihnya, sehingga saat Lebaran tidak ada gangguan pasokan air ke pelanggan, mengingat kebutuhan air para pelanggan cukup meningkat.

"Hal ini juga untuk mengantisipasi listrik padam saat Lebaran, mengingat beberapa sumur produksi PDAM juga menggunakan energi listrik," ujarnya.

Selama ini, kata dia, pasokan air PDAM memang lancar dan jarang mengalami gangguan.(*)

Pewarta: imung
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009