Sarajevo (ANTARA News/Reuters) - Polisi Bosnia Rabu menangkap empat Muslim Bosnia yang diduga membunuh lebih dari 20 warga sipil dan tawanan perang Kroasia dalam perang Kroasia-Muslim pada 1993, kantor penuntut negara mengatakan.

Nedzad Hodzic, 40, Mehsur Memic, 43, Dzevad Salicin, 53, dan Senad Hakalovic, 43, ditangkap di Sarajevo serta di kota Mostar dan Konjic atas perintah jaksa penuntut.

"Mereka ditangkap dengan dugaan bahwa mereka telah melakukan kejahatan terhadap warga sipil dan tawanan perang serta melanggar undang-undang dan praktik perang," kata kantor penuntut itu dalam satu pernyataan.

Pembunuhan massal itu terjadi pada 16 April 1993, dalam serangan di desa Trusina di Bosnia selatan oleh sejumlah anggota regu militer khusus "Zulfikar" dan Brigade Bermotor ke-45 militer pimpinan-Muslim Bosnia, jelas kantor tersebut.

"Para anggota unit itu membunuh 19 warga sipil dan tiga tentara Kroasia, yang telah menyerahkan diri mereka sebelumnya, dan juga melukai empat warga sipil, dari jumlah itu dua anak-anak berusia dua dan empat tahun," jelasnya.

Muslim Bosnia dan Kroasia masuk perang 1992-95 sebagai sekutu melawan Serbia Bosnia tapi kemudian melakukan perang mereka sendiri pada 1993-94, yang berakhir dengan perjanjian damai yang diperantarai-Washington.

Keempat orang itu akan diserahkan pada pengadilan kejahatan perang negara Bosnia, yang dibentuk pada 2005 untuk mengadili ribuan tersangka dari perang 1992-95 dan mengambilalih kasus-kasus tingkat menengah dan rendah dari pengadilan kejahatan perang PBB di Den Haag.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009