Brussels (ANTARA News) - Dick Advocaat akan mulai mengambil alih tugas sebagai pelatih tim nasional Belgia pada 1 Oktober mendatang, tiga bulan lebih cepat dari yang direncanakan, demikian pengumuman Asosiasi Sepak Bola Belgia, Kamis.

Pelatih asal Belanda itu semula akan mulai melatih Belgia pada 1 Januari mendatang setelah kontraknya dengan Zenit St Petersburg berakhir namun ia dipecat oleh klub Rusia itu pada Agustus lalu setelah beberapa kali klub itu memperoleh hasil yang mengecewakan.

Pelatih sementara Belgia Frank Vercauteren mengundurkan diri setelah kalah 2-1 dalam pertandingan tandang melawan Armenia di Grup Lima babak kualifikasi Piala Dunia pekan lalu yang berarti mereka tidak lolos kualifikasi ke putaran final Piala Dunia 2010.

Advocaat akan memimpin Belgia dalam dua pertandingan terakhir di babak kualifikasi itu saat menjamu Turki pada 10 Oktober dan dalam pertandingan tandang melawan Estonia empat hari kemudian.

Penampilan terakhir Belgia di kejuaraan besar itu adalah pada putaran final Piala Dunia 2002.

Advocaat, mantan pelatih timnas Belanda dan Korea Selatan itu, menjadi pelatih Zenit pada 2006, dengan membawa mereka menjadi juara liga Rusia tahun 2007 dan juara Piala UEFA di tahun berikutnya.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009