Nagreg (ANTARA News) - Tanjakan Nagreg, Kabupaten Bandung yang merupakan jalur mudik selatan Jawa Barat, Jumat siang macet total hingga mengakibatkan timbulnya antrean kendaraan memanjang sejauh kurang lebih 25 kilometer.

Berdasarkan pantauan di lapangan, buntut kemacetan tersebut terjadi dari arah Rancaekek, Kabupaten Bandung, hingga menuju perbatasan Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

Wahyu Diana, anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung menyebutkan, sementara arus lalu lintas dari arah timur (Garut) menuju ke barat (Bandung) terhitung sangat sepi. Namun dari arah sebaliknya, barat ke timur, kendaran begitu mumbudak hingga menimbulkan kemacetan total.

"Dari arah barat menuju timur hingga saat ini macet total, dan kami perkiraan kemacetan tersebut hingga perbatasan Garut dan Tasikmalaya," ungkapnya.

Dia menyebutkan, pada hari ini (Jumat) kendaraan yang melintas melalui jalur Nagreg naik hingga 50 persen dibandingkan dengan hari sebelumnya.

"Kendaraan yang melintas dari arah barat ke timur meningkat hingga 50 persen dibanding kemarin," ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, kemacetan di wilayah Nagreg masih terjadi. Kemungkinan besar lonjakan pemudik membludak usai shalat Jumat sekitar pukul 12.30 WIB.

Kemacetan tersebut mulai dari wilayah Rancaekek, Cicalengka hingga sampai turunan atau tanjakan Nagreg.

Karena macet total, para pengendara tampak banyak yang turun dari mobilnya. Sementara pengemudi kendaraan beroda dua, memilih untuk beristirahat di pinggiran jalan.

"Lebih baik beristirahat dahulu. Kalau diteruskan percuma, macet gini," ujar Faisal, pemudik berkendara roda dua asal Bandung.

Menurutnya, sesudah shalat Jumat, dirinya langsung berangkat mudik dengan tujuan ke rumah orangtuanya di Tasikmalaya. Namun, perkiraan bahwa jalanan tidak akan macet, pada kenyataan malah sebaliknya, kata dia.

"Saya kira tidak macet seperti ini. Kan jalur Nagreg sudah dilebarkan, tapi nyatanya tetep saja macet," katanya dengan nada "kukulutus". (*)

Pewarta: mansy
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009