Jakarta (ANTARA News) - Usai mengumumkan awal bulan Syawal Tahun 1430 Hijriyah, Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni mengumandangkan takbir bersama jemaah Masjid Istiqlal Jakarta pada Sabtu malam.

Menteri Agama yang pada kesempatan itu didampingi pengurus masjid, mengucapkan selamat berhari raya dan meminta maaf kepada jemaah serta bersalaman dengan semua jemaah laki-laki.

"Saya minta maaf bila selama lima tahun saya menjadi penanggungjwab masjid ini masih banyak kekurangan dan mungkin melakukan kelalaian," katanya yang berada di masjid selama sekitar satu jam.

Setelah Menteri Agama meninggalkan masjid, jemaah yang jumlahnya sekitar 200 orang, jauh dari jumlah orang yang turun ke jalan atau memadati tempat hiburan, kembali melanjutkan takbiran, mengagungkan nama Allah SWT untuk mensyukuri semua nikmat yang telah dikaruniakan.

"Takbiran `live" dilakukan sampai pukul 22:00 WIB, selanjutnya kami hanya akan memutar kaset saja," kata Staf Humas Masjid Istiqlal M Faiz Fayadl.

Sementara sebagian muslim melantunkan takbir di dalam masjid, fakir miskin antri untuk mendapatkan pembagian zakat fitrah berupa lima kilogram beras dari panitia zakat masjid di depan ruang pengurus masjid.

Menurut Sekretaris Panitia Amaliah Ramadhan Masjid Istiqlal Mohammad Wahyono, sejak pukul 10:00 WIB hingga Sabtu malam, panitia zakat membagikan zakat fitrah berupa beras dengan nilai total Rp99.780.000 dari para pemberi zakat (muzakki) kepada fakir miskin yang berhak menerimanya.

Sejumlah fakir miskin juga tampak duduk di sepanjang jalan menuju pintu masjid, mengharapkan sedekah dari jemaah yang datang ke masjid.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009