Jakarta (ANTARA News) - Berbagai ruas jalan di Ibu Kota lengang usai pelaksanaan Salat Id, pengamanan tidak terlalu ketat.

Berdasarkan pantauan ANTARA di beberapa ruas jalan Ibu Kota, Minggu pagi, tidak terdapat antrian panjang disetiap pemberhentian lampu lalu lintas yang biasa padat kendaraan saat hari kerja.

Beberapa ruas jalan seperti MH Thamrin, Matraman Raya, Jatinegara, Kramat Raya, yang pada hari kerja selalu terlihat padat bahkan terjadi kemacetan kini terlihat lengang. Suasana lengang juga semakin terasa dengan tidak adanya toko, pasar, atau pun pusat perbelanjaan yang buka.

Pengamanan di semua ruas jalan tersebut mulai pukul 07.00 hingga 09.00 WIB tampak tidak terlalu ketat, dimana belum terlihat satu pun petugas bersiaga maupun berkeliling di kawasan tersebut.

Kecelakaan kecil terjadi antara dua pengendara sepeda motor di Matraman Raya pada sekitar pukul 09.00 WIB, yang menyebabkan dua pengendara dan seorang penumpang mengalami luka ringan. Kecelakaan terjadi diruas jalan Matraman Raya menuju Senen.

Kondisi jalanan yang lengang di Ibu Kota setelah pelaksanaan Shalat Id membuat warga memacu kendaraannya dengan kencang, dengan rata-rata kecepatan 60 hingga 80 kilometer per jam.

Pada malam sebelumnya, berdasarkan data dari Traffic Management Center (TMC), terdapat 1.613 pelanggar lalu lintas di Ibu Kota, Sabtu malam (19/9). Sebanyak 660 lembar SIM, 929 lembar STNK, 19 unit sepeda motor, dan lima unit kendaraan roda empat disita pleh petugas.

Berdasarkan keterangan AKP Mujiana selaku PA Siaga TMC Dit Lantas Polda Metro Jaya, jenis pelanggaran yang terjadi selama malam takbiran yakni tidak menggunakan helm, sepeda motor dikendarai lebih dari dua orang, dan takbir menggunakan truk, bus, dan kendaraan bak terbuka.

Beberapa benda tajam yang ikut disita saat pengamanan malam takbiran yakni golok, samurai, clurit, pedang, stik golf. Benda-benda berbahaya tersebut dibawa oleh warga yang mengikuti konvoi takbir keliling Sabtu malam.

Dua kebakaran juga mewarnai pelaksanaan malam takbiran. Kebakaran pertama terjadi pada ruko di daerah Bendungan Hilir sekitar pukul 19.30 WIB, dan kebakaran kedua terjadi pada pemukiman rumah penduduk di daerah Cengkareng pada pukul 23.45 WIB.(*)

Pewarta: luki
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009