Tangerang (ANTARA News) - Terminal keberangkatan dan kedatangan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Hari Raya Idulfitri 1430 Hijriah atau Minggu (20/9) terlihat lengang.

Di terminal 1 A dan B serta terminal II D dan E, meskipun sejumlah kursi penumpang di setiap terminal terisi, tidak ada pengumpulan penumpang yang mencolok di beberapa titik.

"Sampai Minggu pukul 16.54 WIB, bandara masih sepi. Bandara tidak begitu ramai seperti pada H-3 dan H-2 Lebaran Idulfitri," ujar pengawas posko Lebaran Idulfitri Bandara Seokarno Hatta, Zainun Mansyur di Tangerang, Minggu.

Zainun mengatakan sepinya situasi di bandara karena telah memasuki Hari Raya Idulfitri 1430 Hijriah dan banyak penumpang tidak ingin melakukan perjalanan di hari Lebaran.

Pengamatan dari layar data posko Lebaran terminal 1 B Bandara Seokarno Hatta pada Minggu pukul 11.30 WIB. Keberangkatan domestik yang terjadi sebanyak 68 pesawat menerbangkan 9.130 orang penumpang dari bandara menuju daerah lain.

Adapun untuk penerbangan keberangkatan internasional, sekitar sembilan pesawat diterbangkan untuk membawa sekitar 263 orang penumpang pada pukul 11.30 WIB.

Minggu pukul 16.54 WIB, lanjut Zainun, kedatangan penumpang domestik dari daerah lain ke bandara meningkat menjadi 11.285 orang penumpang dengan 102 penerbangan pesawat.

"Sebaliknya penumpang yang diterbangkan dari Bandara Soekarno Hatta ke daerah lain melonjak sebanyak 29.237 orang penumpang dengan 203 penerbangan pesawat," kata Zainun.

Sementara itu, untuk kedatangan penerbangan internasional ke bandara sekitar 20 pesawat dengan membawa 2.615 orang penumpang.

Keberangkatan penerbangan internasional dari bandara sebanyak 35 pesawat dengan membawa 6.793 orang penumpang.

"Minggu malam nanti kemungkinan akan terjadi kenaikan penumpang dari Minggu pagi dan sore ini," kata Zainun.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009