Bandung (ANTARA News) - Arus lalu lintas di Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, yang menuju Lembang macet total sekitar sembilan kilometer dari pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan pantauan ANTARA, memasuki hari kedua perayaan Hari Raya Idul Fitri 1430 H atau H+2, arus kendaraan menuju pusat Factory Outlet (FO) di kawasan Jalan Dr. Setiabudhi dan pusat rekreasi Tangkuban Perahu Lembang macet sepanjang sembilan kilometer.

Dari keterangan warga dan petugas kepolisian, kemacetan berlangsung mulai dari pukul 10.00 WIB. Beberapa petugas kepolisian dari Satlantas pun bekerja keras mengatur arus lalu lintas.

Kemacetan tersebut terjadi dari Jalan Cipaganti menuju Setiabudhi dan Lembang. Khusus di Setiabudhi kemacetan terjadi lantaran banyaknya pengunjung yang berbelanja di beberapa FO seperti Rumah Mode dan beberapa FO lainnya.

Sedangkan arah lalu lintas menuju Lembang macet diprediksi lantaran banyaknya pengguna jalan yang akan menuju pusat rekreasi alam Tangkuban Perahu dan pusat perbelanjaan bunga di Parongpong.

Kebanyakan dari pengguna jalan yang menuju arah Lembang adalah kendaraan bernomor polisi B, F dan nomor polisi luar kota lainnya yang datang ke Bandung untuk mengisi liburan Lebaran.

Kemacetan yang terjadi di Jalan Setiabudhi menuju arah Lembang, selain banyaknya kendaraan yang melaju, juga dipengaruhi oleh penyempitan jalan setelah terminal Ledeng menuju Lembang.

Kemacetan juga terjadi dari arah sebaliknya, yakni dari Lembang menuju Kota Bandung.

Kemacetan dari arah Lembang tersebut terjadi dari pukul 13.00 dan hingga saat ini masih padat merayap.

Berdasarkan keterangan pedagang di Terminal Ledeng, Santi (26), kemacetan terjadi dari pukul 10.00 WIB dan hingga saat ini masih berlangsung.

"Kemacetan ini terjadi dari pukuul 10.00 WIB, dan ini biasa terjadi pada jalur ini terutama memasuki liburan Lebaran," katanya.

Sedangkan arah sebaliknya, yakni dari Lembang menuju pusat kota Bandung, kemacetan baru terjadi dari pukul 12.00 WIB. (*)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009