Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 130 orang warga Muslim Indonesia di Stockholm menyambut perayaan Idul Fitri 1439 H, dengan rasa syukur dan suka cita dan melakukan shalat Idul Fitri di KBRI Stockholm, Minggu.

Sekretaris I Sosbud KBRI Stockholm, Dody Kusumonegoro kepada Antara Jakarta, Senin acara perayaan Hari Raya Idul Fitrie 1430 H. diawali dengan salat berjamaah beserta Mualaf warga Swedia dan diikuti acara Halal bihalal.

Bertindak sebagai Imam Suhariyanto, staf lokal KBRI Stockholm dan Khotib adalah Muhamad Reza, anggota masyarakat Indonesia yang bekerja di Swedia dan pengurus perkumpulan pengajian masyarakat Indonesia Al-Ikhlas.

Pada khotbahnya, Khotib M. Reza menyampaikan hikmah berpuasa pada bulan Ramadhan dan kembalinya manusia pada fitrahnya.

Acara Salat diikuti dengan Silaturahim dengan Duta Besar RI dan halal bihalal dengan warga Indonesia di Stockholm dan sekitarnya.

Di seluruh Swedia diperkirakan jumlah warga Indonesia sekitar 900 orang dan 300 diantaranya tinggal di wilayah Stockholm dan sekitarnya.

Sementara itu jumlah warga Muslim di Swedia diperkirakan lebih dari 400.000 orang diantara 9.2 juta penduduk Swedia atau hampir mencapai 5 persen.

Jumlah ini semakin signifikan dan perayaan Idul Fitri di berbagai tempat juga disiarkan oleh media massa setempat, demikian Dody Kusumonegoro, (*)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009