Garut (ANTARA News) - Lalu lintas Garut - Bandung pada Selasa malam macet sepanjang 30 km lebih. "Kemacetan berlangsung mulai dari bundaran STM Negeri Garut, kemudian bundaran Tarogong, kecamatan Leles dan Kadungora hingga lintasan Nagreg," ungkap petugas Satlantas Pos Pam Tarogong Bripda Shinta dan Briptu Jajang saat ditemui di lapangan.

Menurut mereka, kemacetan tersebut dipastikan akan berlangsung hingga pukul 01.00 WIB Rabu dini hari, karena terdapat beberapa simpul lokasi rawan macet total.

Titik rawan kemacetan itu di antaranya bundaran Tarogong, pertigaan kecamatan Kadungora, pertigaan Garut-Bandung dan luapan dari jalur alternatif Cijapati, serta ruas jalan Lebak Jero dan petigaan Nagrek.

Pada pertigaan bundaran Tarogong, sejak pukul 14.00 WIB dilakukan buka tutup arus kendaraan dari lintasan jalan Ciateul.

"Perempatan Tarogong - Samarang, diperparah cukup banyak kendaraan yang diparkir di pinggir jalan juga keluar-masuk kendaraan dari beberapa rumah makan di sekitarnya," kata polisi tersebut.

Garut-Nagreg, yang biasanya dapat ditempuh sekitar 30 menit, pada Selasa sore harus ditempuh selama lima jam.

Banyak pengemudi arus mudik dan balik yang mulai dihinggapi rasa jenuh bahkan stres berat, mengakibatkan sering membunyikan "klakson" kendaraan secara berlebihan, bahkan berteriak sambil mengeluarkan kepala dari jendela mobil, jika terhalang laju kendaraannya yang padat merayap.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009