New York (ANTARA News/AFP) - Saham AS di Wall Street naik pada Selasa waktu setempat, ke tertinggi baru 2009, di tengah pulihnya optimisme pemulihan ekonomi dan prospek pendapatan perusahaan karena pembuat kebijakan Federal Reserve bertemu untuk meninjau langkah-langkah yang ditujukan untuk memulihkan pertumbuhan.

Indeks Dow Jones Industrial Average terangkat 51,01 poin (0,52 persen) menjadi 9.829,87.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq naik 8,26 poin (0,39 persen) ke 2.146,30 sementara indeks pasar secara luas Standard & Poor`s 500 bertambah 7,00 poin (0,66 persen) menjadi 1.071,66.

"Wall Street tampaknya telah terbebas dari kenurungn pada Senin, lebih nikmat pandangan optimis terhadap perekonomian," kata Joseph Hargett dari Schaeffer`s Investment Research.

Tambahan kepercayaan diri, katanya, telah menekan dolar AS lebih rendah, mendorong harga komoditas yang dihargakan dalam greenback seperti minyak dan emas lebih tinggi.

Analis dari Charles Schwab & Co mengatakan terus melemahnya dolar menaikkan harga komoditas dalam mata uang AS dan membantu pasar "rebound" dari penurunan moderat Senin.

Greenback jatuh ke terendah satu tahun terhadap euro menjadi di bawah 1,48 dolar pada Selasa, karena banyak investor menjual safe haven dolar untuk menaruh uang mereka di aset relatif berisiko saham dan investasi lainnya didukung ekonomi yang semakin optimis, kata para dealer.

Laporan pendapatan perusahaan yang optimis juga membantu mengangkat sentimen pada awal perdagangan di Wall Street, kata mereka.

Para analis Charles Schwab mengatakan peningkatan modal melalui setengah lusin penawaran saham perdana yang dijadwalkan minggu ini menunjukkan bahwa ekonomi AS pulih dari kredit seret (credit crunch).

Dengan latar belakang itu, Federal Reserve "mungkin menunjukkan pembatasan program pembelian asetnya," kata mereka.

Namun pertemuan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC)y ang dimulai Selasa, secara luas diperkirakan mempertahankan suku bunga tidak berubah mendekati nol, kata para analis.

Pemimpin kunci G20 negara maju dan berkembang, yang akan mulai dua hari perundingan mereka di kota Pittsburgh, Pennsylvania, AS pada Kamis, diperkirakan akan membahas cara-cara untuk melepas dukungan mereka yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memerangi krisis ekonomi global, meskipun mereka tetap berhati-hati karena takut membahayakan kembali ke pertumbuhan."

Di antara pencetak kenaikan adalah Bank of America, naik 2,09 persen menjadi 17,61 dolar AS setelah bank mengatakan telah setuju untuk membayar 425 juta dolar AS kepada pemerintah untuk keluar dari program jaminan yang diletakkan untuk menutup potensi kerugian dalam pengambilalihan Merrill Lynch.

Wells Fargo naik 3,89 persen menjadi 29,39 dolar AS setelah mengumumkan bahwa ketua bank Richard Kovacevich akan mundur pada akhir tahun setelah tinggal di luar usia pensiun untuk mengawasi pengambilalihan saingannya bank Wachovia.

Pembuat komputer Dell jatuh 1,75 persen menjadi 15,73 dolar AS setelah peringkat sahamnya diturunkan oleh Credit Suisse.

Hewlett-Packard, yang menerima kenaikan peringkat oleh pialang, naik 1,42 persen menjadi 47,01 dolar AS.

Pasar obligasi meningkat. Hasil pada obligasi negara 10-tahun jatuh ke 3,456 persen dari 3,487 persen Senin dan hasil pada obligasi 30-tahun merosot ke 4,208 persen dari 4,245 persen. Harga dan hasil obligasi bergerak dalam arah berlawanan.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009