London (ANTARA News) - Ekonomi Inggris akan muncul dari resesi yang mendalam pada paruh kedua tahun ini, tetapi pada 2010 akan menjadi sulit, Konfederasi Industri Inggris (CBI) memperkirakan pada Rabu.

"Ekonomi Inggris diperkirakan muncul dari resesi melalui pertumbuhan sederhana dalam kuartal ketiga dan keempat tahun ini, tapi kendala permintaan akan memastikan bahwa pertumbuhan pada 2010 sangat rapuh," kata CBI dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP.

Organisasi pengusaha terbesar Inggris itu meramalkan bahwa produk domestik bruto (PDB) akan tumbuh sebesar 0,3 persen pada kuartal ketiga dari tiga bulan sebelumnya, dan berkembang 0,4 persen pada kuartal keempat.

"Prospek ekonomi jangka pendek cerah," kata kelompok lobi bisnis utama.

"Sebuah pemulihan sedang berlangsung dalam ekonomi global, yang telah didorong oleh stimulus fiskal dan moneter substansial, dan siklus persediaan mulai berbalik, baik di dalam negeri dan di luar negeri, yang membantu mengangkat produksi.

"Namun demikian, kecepatan pemulihan pada tahun 2010 diperkirakan akan lambat," katanya menambahkan.

Perekonomian akan mengalami pertumbuhan anemia hanya 0,1 persen pada pertama tiga tahun 2010 bulan, dan 0,3 persen pada kuartal kedua, yang juga CBI perkirakan.

Data resmi baru-baru ini menunjukkan bahwa penurunan ekonomi Inggris sudah mereda di kuartal kedua 2009.

PDB Inggris berkurang 0,7 persen pada kuartal kedua tahun 2009 dibandingkan dengan tiga bulan pertama tahun ini, dalam penurunan kuartalan kelima berturut-turut.

Namun, perbaikan sederhana itu di bawah perkiraan sebelumnya yang kontraksi 0,8 persen.

Bank of England (BoE/bank sentral Inggris) telah berupaya untuk memerangi resesi dengan rekor bunga rendah dan kebijakan radikal pelonggaran kuantitatif -- memompa uang baru ke dalam

ekonomi untuk membantu bergulirnya pinjaman untuk bisnis dan individu.

"Prospek meningkat karena Inggris menarik kekuatan dari pelonggaran kuantitatif, pound melemah dan pemulihan ekonomi global," kata Direktur Jenderal CDI Richard Lambert mengatakan pada Rabu.

"Meskipun pertumbuhan kuartal ini harus menandai akhir dari resesi, kondisi di Inggris akan tetap sulit untuk beberapa waktu lagi, dan sulit untuk melihat dimana pertumbuhan permintaan akan datang."

Untuk tahun keseluruhan, CBI Inggris meramalkan bahwa ekonomi akan kontraksi sebesar 4,3 persen pada tahun 2009, sebelum ekspansi moderat sebesar 0,9 persen pada tahun 2010.

"Pertumbuhan tahun depan akan tetap sangat lemah, sementara kehilangan pekerjaan akan terus dan konsumsi rumah tangga akan tetap ketat," kata Lambert.

"Jatuh tajam dalam investasi bisnis tahun ini adalah kepedulian nyata, seperti juga keuangan publik, dan keduanya akan mempengaruhi prospek ekonomi Inggris pada tahun-tahun mendatang," tambahnya.

Data resmi baru-baru ini menunjukkan bahwa pasar kerja Inggris terburuk selama 14 tahun, dengan perusahaan-perusahaan mengurangi pekerjanya untuk berhemat, meskipun ada tanda-tanda sementara pemulihan ekonomi.

Jumlah pengangguran naik 210.000 menjadi 2,47 juta orang di tiga bulan hingga Juli - tertinggi sejak Mei 1995.

CBI pada Rabu memperkirakan pengangguran akan mencapai puncaknya pada sekitar tiga juta selama kuartal kedua 2010.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009