Semarang (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA Chris John memiliki waktu 2,5 tahun untuk melaksanakan tarung wajib atau "mandatory fight", menyusul keberhasilan yang bersangkutan meraih gelar Super Champions.

Asisten Manajer Herry`s Gym, Toni Priatna ketika dihubungi dari Semarang, Kamis, mengatakan, berdasarkan aturan memang disebutkan bahwa setelah mendapat gelar Super Champions maka seorang petinju diberi waktu 2,5 tahun untuk melakukan tarung wajib.

"Selama masa itu, bisa dipikirkan akan tetap bertahan di kelas bulu atau naik kelas. Yang jelas Chris John diberi waktu 2,5 tahun untuk melakukan tarung wajib," katanya.

Petinju dengan julukan The Dragon tersebut berhasil menggaet gelar Super Champions setelah berhasil mempertahankan gelarnya sebanyak 10 kali tanpa putus (pertarungan terakhir untuk mendapatkan Super Champions adalah saat mengalahkan petinju Jepang, Hiroyuki Enoki di Tokyo, 24 Oktober 2008).

Tarung wajib terakhir yang dijalani Chris John saat mengalahkan petinju Jepang, Hiroyuki Enoki di Tokyo, 24 Oktober 2008.

Sekarang ini petinju yang memiliki rekor bertanding 43 kali menang dan dua kali seri (22 di antaranya dengan KO) sudah mempertahankan gelarnya sebanyak 12 kali dan terakhir saat menang angka mutlak atas petinju Amerika Serikat, Rocky Juarez di MGM Center, Las Vegas, Nevada, Sabtu waktu setempat atau Minggu (20/9) WIB.

Ketika ditanya apakah ada rencana dari manajer sekaligus pelatihnya, Craig Christian, untuk melakukan tarung unifikasi atau menyatukan gelar dari badan tinju dunia selain WBA, dia mengatakan, Craig belum pernah membicarakan hal itu.

"Sampai usai pertarungan Chris John melawan Juarez, Craig Christian belum membicarakan untuk tarung unifikasi. Kita memberi kesempatan kepada dia untuk beristirahat," katanya.

Menurut dia, untuk naik kelas atau menyatukan gelar dari badan tinju yang berbeda juga harus melihat kesiapan Chris John itu sendiri. "Kita harus melihat kondisi dan kesiapan Chris John terlebih dulu untuk naik kelas atau tarung unifikasi," katanya.

Ketika ditanya pertarungan selanjutnya --untuk pertarungan pilihan -- dia mengatakan, masih lama karena sekarang ini pelatih memberikan kesempatan kepada Chris John untuk beristirahat dan berkumpul dengan keluarganya.

"Baru nanti kita pikirkan untuk langkah-langkah selanjutnya terutama untuk pertarungan berikutnya," katanya menegaskan.

Sampai kini suami mantan atlet wushu Jateng Anna Maria Megawati ini sudah berhasil mempertahankan gelar sebanyak 12 kali tanpa putus. Dari pertarungan tersebut lima di antaranya dilakukan melalui tarung wajib yaitu melawan Jose Cheo Rojas (Venezuela), Derrick Gainner (Amerika Serikat), Juan Manuel Marquez (Meksiko), Roinet Caballero (Panama), dan Hiroyuki Enoki (Jepang).

Tujuh pertarungan lainnya dilalui melalui tarung pilihan, yaitu melawan Tommy Brouwn (Australia), Renant Acosta (Panama), Jose Cheo Rojas (Venezuiela), Osamu Sato dan Zaiki Takemoto (Jepang), Rocky Juarez (dari Amerika Serikat sebanyak dua kali).(*)

Pewarta: luki
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009