Jambi (ANTARA News) - Sebanyak 17 orang korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama sepuluh hari berlangsungnya arus mudik Lebaran tahun ini.

Sejak 13-23 September lalu yang tercatat pada Posko utama Operasi Ketupat 2009 di Mapolda Jambi, ada 27 kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang terjadi dengan 17 orang korban meninggal dunia, kata Direktur Lalulintas Polda Jambi, Kombes Pol Bimo, Kamis.

Selain korban meninggal akibat laka lantas selama arus mudik dan balik tersebut juga ada 17 orang korban luka berat dan 21 orang luka ringan yang kini semuanya dirawat di rumah sakit setempat.

Kemudian akibat dari kejadian laka lantas tersebut kerugian material yang dialami para korban senilai Rp75,5 juta.

Dari 27 kasus kecelakaan lalu lintas di Provinsi Jambi tersebut yang terbanyak terjadi kejadian ada di jalan lintas Sumatra di Kabupaten Bungo tercatat 11 kasus kecelakaan.

Kemudian di Kabupaten Merangin ada empat kasus kecelakaan lalulintas dan kabupaten atau kota lainnya masing-masing hanya satu kasus kejadian.

Pada laporan terakhir di posko utama Mapolda Jambi, terakhir ada tiga kejadian lakalantas dengan menelan satu orang korban jiwa meninggal akibat kecelakaan antara sepeda motor dengan mobil.

Korban meninggal tersebut lokasi kejadiannya di Kabupaten Bungo sedangkan kecelakaan lainnya korban hanya mengalami luka.

Hingga H+5 lebaran suasana di jalan lintas Sumatra dan jalan lintas timur Sumatra wilayah Provinsi Jambi belum terjadi lonjakan arus balik yang melintas.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009