Jakarta (ANTARA News) - Memasuki H+4 Lebaran, sejumlah mal di Jakarta Timur dipadati pengunjung, untuk berbelanja kebutuhan dan sekedar jalan-jalan atau "cuci mata".

Pantauan ANTARA, Kamis, sebanyak ratusan orang pengunjung memadati sejumlah mal di Jakarta Timur, antara lain Klender Mal, Buaran Plaza, Pusat Grosir Cililitan (PGC) dan Tamini Square.

Kepadatan pengunjung itu terlihat dari area parkir sepeda motor dan mobil di tempat pusat belanja itu yang selalu padat dan penuh kendaraan.

Pascalebaran ini sejumlah mal sudah banyak yang menawarkan potongan harga besar-besaran dari diskon 20 hingga 80 persen, yang meliputi sandal, sepatu, pakaian, celana dan lain-lain.

Junaedi, karyawan Klender Mal, Jakarta Timur mengatakan, melonjaknya jumlah pengunjung di sejumlah mal karena tempat tersebut dijadikan oleh masyarakat untuk cuci mata, jalan-jalan, dan membeli kebutuhan yang ada potongan harganya.

"Sejak hari H Lebaran yang lalu jumlah pengunjung mal ini meningkat hingga dua kali lipat dari hari biasanya, dan para pengunjung kebanyakan hanya jalan-jalan, dan sedikit yang membeli barang diskon. Kebanyakan masyarakat sudah membeli kebutuhan menjelang Lebaran," ujarnya.

Hal senada juga dikatakan, Rahmat, karyawan Buaran Plaza, sejak empat hari yang lalu para pengunjung mulai memadati mal ini, karena pasca-Lebaran kebanyakan masyarakat yang tidak mudik berkunjung ke mal.

"Rata-rata para pengunjung di sini kebanyakan yang tidak pulang mudik, sehingga mereka menghabiskan waktunya untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan untuk sekedar jalan-jalan, melihat-lihat dan membeli makanan di restoran cepat saji, namun tak sedikit pula masyarakat masih ada yang membeli barang diskon," katanya.

Sementara itu, Rina, warga Cakung, Jakarta Timur, yang mengunjungi Klender Mal mengatakan, pasca-Lebaran ini sebagian besar masyarakat memenuhi pusat perbelanjaan dan mal, karena sejumlah mal mengeluarkan diskon besar-besaran.

"Saya ke mal hanya jalan-jalan dan melihat-lihat saja, karena biasanya pasca-Lebaran sebagian besar masyarakat khususnya yang tidak pulang mudik pasti berkunjung ke mal, tampaknya sudah tradisi," ujarnya.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009