Cianjur (ANTARA News) - Menjelang Sabtu malam , jalur Puncak-Cianjur, Jabar, mulai dipadati ratusan kendaraan dengan ciri khas mudik dengan tujuan Jakarta, bahkan beberapa titik rawan macet laju kendaraan mulai tersendat.

Pantauan ANTARA Sabtu sekitar pukul 18.00 WIB menunjukkan kendaraan yang melintas menjelang malam didominasi kendaraan pemudik roda dua dan empat. Volume kendaraan mulai meningkat sejak siang hingga menjelang malam.

Hujan yang sempat turun deras di kawasan itu, membuat pemudik dengan sepeda motor, menumpuk di beberapa tempat dan warung kopi yang banyak terdapat di jalur itu.

Puncak arus balik yang diperkirakan akan terajdi Sabtu malam , mulai menunjukkan tanda-tanda dengan antrian panjang kendaraan dengan kecepatan tersendat mulai terlihat.

Antrian kendaraan sepanjang 10 kilometer mulai terlihat dari Jalan Raya Pasekoan hingga Pertigaan Hanjawar. Bahkan di pertigaan Cibodas, laju kendaraan terhenti selama beberapa puluh menit.

Kasalantas Polres Cianjur AKP Gatot S, membenarkan hal tersebut, sehingga saat ini ratusan petugas mulai disiagakan di sepanjang jalur guna mencegah terjadinya macet total.

Bahkan selain pagar pembatas di bagian tengah yang telah terpasang sejak tiga hari terakhir, saat ini ratusan petugas disiagakan di masing-masing pertigaan dan pintu masuk dan keluar rumah makan.

"Kami juga menempatkan puluhan petugas di jalan masuk dan keluar tempat wisata yang ada. Sebagai upaya antisipasi terjadinya kemacetan," katanya.

Padatnya arus kendaraan yang melintas diperkirakan akan terus terjadi hingga malam ini.

Karena itu, Polres Cianjur menyarankan kepada pemudik yang hendak kembali ke perantauan untuk menggunakan jalur alternatif Jonggol dari arah Bandung.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009