Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan Partai Golkar akan menetapkan calon Wakil Ketua DPR dan calon Wakil Ketua MPR periode 2009-2014 pada rapat pleno pimpinan di kantor DPP Partai Golkar di Jakarta, Selasa (29/9).

Ketua DPP Partai Golkar, Syamsul Muarif, di Jakarta, Minggu, mengatakan, calon Wakil Ketua DPR dan calon Wakil Ketua MPR dipilih dan ditetapkan dari para kandidat yang telah terdaftar diseleksi masing-masing sebanyak lima orang.

"Kandidat tersebut telah diseleksi oleh tim seleksi dan daftar namanya diserahkan untuk dipilih dan ditetapkan dalam rapat pleno pimpinan," kata Syamsul Muarif.

Dikatakannya, sesuai dengan informasi sebelumnya posisi yang diberikan ada lima kandidat Wakil Ketua DPR dan lima kandidat Wakil Ketua MPR.

Tim seleksi diberikan hak untuk menerima dan menseleksi kandidat yang mendaftar masing-masing dalam kisaran tiga hingga lima nama untuk direkomendasikan pada forum rapat pleno pimpinan.

Peminat yang mendaftar, kata dia, sudah harus memilih salah satu apakah lebih berminat menjadi calon Wakil Ketua DPR atau calon Wakil Ketua MPR, tidak boleh dua-duanya.

Ketika ditanya apakah Ketua Fraksi Partai Golkar DPR Priyo Budi Santoso yang akan dipilih sebagai calon Wakil Ketua DPR, Samsul mengatakan tidak tahu.

"Saya belum tahu, karena rapat plenonya baru akan diselenggarakan pada Selasa, 29 September mendatang, jadi hasilnya baru akan ditetapkan pada rapat pleno tersebut," katanya.

Kalau ada pihak-pihak yang menyebutkan nama calon Wakil Ketua DPR dan Wakil Ketua MPR sebagai calon kuat, menurut dia, hal itu masih dalam tataran tim internal calon tersebut, tapi belum sampai pada pembahasan pimpinan Partai Golkar.

Sampai saat ini beberapa nama calon Wakil Ketua DPR yang disebut-sebut yakni, Airlangga Hartarto, Agung Gumiwang Kartasasmita, Enggartiasto Lukito, Priyo Budi Santoso, dan Rully Chairul Azwar.

Sedangkan beberapa nama calon Wakil Ketua MPR yang disebut-sebut yakni, Burhanudin Napitupulu, Endang Agustini Syarwan Hamid, Hajriyanto Tohari, dan Lili Asjudiredja. Satu nama lainnya yakni Juniwati Maschun Sofwan, anggota DPD asal Jambi, juga mendaftarkan diri ke Partai Golkar. (*)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009