Wellington, Selandia Baru, 29 September 2009 (ANTARA/NZPA/AsiaNet) - Organisasi Konfederasi Meningitis (CoMO) akan menyelenggarakan Konferensi Tahunan Anggota Ke-4 di Hyatt Regency Hotel, Sha Tin, Hong Kong pada 3-5 Oktober 2009.

     CoMO, yang sudah aktif di negara-negara Amerika, Inggris, Eropa dan Australia, sedang memperkokoh jangkauannya ke seluruh Asia Pasifik untuk menyatukan perjuangannya guna menghasilkan vaksin yang dapat mencegah penyakit anak-anak seperti meningitis (radang selaput otak) dan septicaemia (keracunan darah).

     "Ini akan menjadi yang pertama kali CoMO menyelenggarakan konferensi di wilayah Asia Pasifik," kata Presiden CoMO Bruce Langoulant, dari Perth, Australia.

     "Dengan menjadi tuan rumah konferensi di Hong Kong, kami bermaksud menghubungkan delegasi dan profesional perawatan kesehatan dari Filipina, Taiwan, Hong Kong dan India dengan organisasi dan perorangan dari USA, Kanada, Inggris, Eropa dan Australia," tambah Langoulant.

     Posisi Hong Kong juga sangat penting, karena Pemerintah Hong Kong adalah yang pertama di Asia yang memasukkan satu vaksin buat Penyakit Pneumococcal Yang Bersifat Menyerang (bentuk meningitis yang umum) ke dalam Progam Imunisasi Anak-anak Mereka. CoMO sangat mendukung penggunaan program imunisasi nasional anak-anak untuk melindungi semua anak dari dampak septicaemia dan meningitis, yang menghancurkan.

     Konferensi tersebut akan mempertemukan para ahli imunisasi dan kesehatan anak kelas dunia, organisasi meningitis dan kelompok pasien yang aktif bekerja meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai meningitis dan mendidik semua orang-tua mengenai tanda dan gejala meningitis dan tindakan yang tepat untuk dilakukan.

     Program konferensi itu meliputi perbaikan pengetahuan para ahli mengenai meningitis di seluruh dunia, perkembangan dan pembagian vaksin, dan sistem perawatan kesehatan global. Juga akan ada lokakarya dan diskusi kelompok mengenai topik yang berkaitan dengan kelompok penyaran dan organisasi meningitis yang sudah mapan dan masih berkembang.

     Bill Lay, pejabat dari Kelompok Pemerhati Vaksin buat Anak di Hong Kong, akan menghadiri Konferensi tersebut dan sangat bergairah untuk mengetahui pengalaman orang lain. "Saya sangat mengharapkan dapat berhubungan dengan organisasi lain, mendengar keberhasilan mereka dan membina jaringan kerja mengenai dukungan untuk meningkatkan suara CoMO di wlayah Asia Pasifik."

     Untuk keterangan lebih lanjut atau untuk melakukan koordinasi dan wawancara dengan Presiden CoMO, Bruce Langoulant, silakan hubungi Andrea Brady -- andreabrady01@gmail.com atau +64 212 545 324.

     Mengenai CoMO:
     Confederation of Meningitis Organisations (CoMO) didirikan pada 2004 untuk menjadi suara global bagi semua organisasi dan kelompok pasien yang terus dibentuk guna meningkatkan kesadaran mengenai meningitis dan septicaemia (keracunan darah) dan menjamin dukungan tersedia buat mereka yang terpengaruh.

     CoMO sekarang terdiri atas 26 organisasi kesehatan anak dan meningitis dan 7 penyaran individual dari seluruh dunia dan akan berusaha memperkuat jaringan kerja keluarga dan profesional perawatan kesehatannya di dalam wilayah Asia Pasifik.

     LEMBAR FAKTA
     The Confederation of Meningitis Organisations (CoMO)
     Konfederasi Organisasi Meningitis (CoMO) didirikan pada 2004 untuk menjadi suara global bagi semua organisasi dan kelompok pasien yang terus dibentuk guna meningkatkan kesadaran mengenai meningitis dan septicaemia (keracunan darah) dan menjamin dukungan tersedia buat mereka yang terpengaruh.

     CoMO didirikan saat penutupan Konferensi Organisasi Meningitis Dunia 2004. Konferensi tersebut, yang dihadiri oleh 43 delegasi yang mewakili 20 organisasi kesehatan anak dan meningitis dari 14 negara, memungkinkan peserta mengetahui dan berbagi pengalaman praktek terbaik mengenai pendidikan, kesadaran dan program dukungan.

     Sebanyak 20 delegasi, yang terdorong oleh informasi yang mereka bagi dalam pertemuan itu dan mewakili bermacam kelompok penyaran dan meningitis, membentuk CoMO guna membantu mendukung perjuangan melawan meningitis dengan menekankan beban global penyakit tersebut dan mendukung pembentukan organisasi baru kesehatan anak dan meningitis.

     CoMO sekarang terdiri atas 26 organisasi kesehatan anak dan meningitis dan 7 penyaran individual dari seluruh dunia.

     CoMO didedikasikan untuk membantu organisasi anggota agar dapat menjadi sumber yang berpengaruh, dapat diidentifikasi dan berkelanjutan agar orang dapat memperoleh informasi dan layanan pendukung buat orang yang terpengaruh meningitis di wilayah mereka. Mereka bersatu dalam upaya mereka secara global melalui keanggotaan mereka di CoMO, dan melalui komitmen mereka bagi penghapusan meningitis dan septicaemia, yang berkaitan.

     Meningitis dan septicaemia menewaskan dan membuat cacat ribuan orang di seluruh dunia setiap tahun.

     Meningitis adalah nama yang diberikan buat peradangan pada membran, yang disebut "meninges", yang mengelilingi dan melindungi otak dan urat tulang belakang. Penyakit tersebut dapat mengakibatkan banyak organisme yang berbeda termasuk bakteri, virus dan jamur. Sebagian bakteri juga dapat mengakibatkan septicaemia (keracunan darah) serta meningitis.

     Vaksin adalah satu-satunya cara mencegah bakteri meningitis dan terdapat sejumlah vaksin terhadap sebagian macam jenis dan rangkaian bakteri. Namun sampai ada vaksin terhadap semua bakteri penyebab, penting untuk mengetahui tanda dan gejala serta tindakan yang akan dilakukan.

     Media memainkan peran penting dalam membantu CoMO mendidik para orang-tua dan praktisi perawatan kesehatan mengenai tanda dan gejala meningitis dan septicaemia, serta memberitahu mereka mengenai layanan pendukung.

     Untuk keterangan lebih lanjut mengenai CoMO dan anggotanya di daerah anda, silakan kunjungi www.comoonline.org

Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2009