Madrid (ANTARA News/Reuters) - Cristiano Ronaldo mencetak dua gol dan mendapat hadiah penalti ketika Real Madrid menang telak 3-0 atas Olympique Marseille dalam pertandingan Liga Champions di Madrid, Rabu (Kamis pagi WIB).

Dengan kemenangan itu Real memimpin klasemen sementara grup C.

Marseille sempat mengimbangi Real sampai akhirnya pemain sayap Real Ronaldo mengilhami kemenangan timnya yang mencetak tiga gol dalam kurun waktu enam menit di babak kedua.

Pemain asal Portugal itu mencetak gol pembuka pada menit ke-59. Satu menit kemudian ia dijatuhkan di kotak penalti yang berlanjut dengan kartu merah terhadap bek Marseille Souleymane Diawara.

Kaka berhasil mengeksekusi hadiah penalti itu, kemudia Ronaldo membuat gol keduanya pada menit ke-64.

"Pertandingan tadi seimbang selama 45 menit pertama, namun kemudian kami terlihat lebih unggul pada 45 menit kedua," kata pelatih Real Manuel Pellegrini.

Pellegrini langsung mengerahkan kekuatan penuh sejak awal pertandingan dengan mamasang Kaka, Ronaldoa dan Karim Benzema, namun mereka belum menemukan irama permainannya hingga babak pertama usai.

Tim tamu nyaris mencetak gol pada menit ke-26 ketika Mamadoun Niang sudah berhadapan satu lawan satu denngan Iker Casillas. Namun kiper Real tersebut dapat melakukan penyelamatan.

Ronaldo membangkitkan semangat para suporter Real ketika ia beberapa kali melancarkan tendangan jarak jauh, dan kemudian menjelang babak pertama usai Kaka memberi umpan kepada Benzema namun bola dapat amankan oleh kiper Steve Mandanda.

Akhirnya gol tercipta di babak kedua. Umpan jauh Pepe dimanfaatkan Ronaldo yang dengan tenang menaklukkan Mandanda.

Saat penonton masih merayakan kemenangan, Ronaldo menerobos dari sayap kiri namun ia dijatuhkan oleh Diawara. Pemain belakang Marseiille itu harus menerima keputusan keluar dari lapangan.

"Keputusan ini sangat berat. Mendapat hukuman penalti dan kemudian pemain kami harus keluar. Setelah penalti itu pertandingan selesai bagi kami," kata pelatih Marseille Didier Deschamps yang tampak kecewa dengan keputusan wasit itu.

Selama satu jam kami bisa main bagus, dan kami punya banyak peluang di babak pertama. Menurut saya hasilnya tidak adil," katanya.

Sementara itu Pellegrini berbeda pendapat dengan Deschamps soal penalti tersebut.

"Saya telah melihat kondisi pergelangan kaki Ronaldo, dan menurut saya wasit tidak salah. Kita akan lihat apakah ia (Ronaldo) dapat ikut ke Sevilla hari Minggu nanti," kata Pellegrini.

Gol ketiga Real berawal dari kerja sama satu-dua Kaka dan Benzema di luar kotak penalti. Selanjutnya Kaka memberi umpan silang kepada Ronaldo yang kemudian menyarangkan bola ke tiang jauh.

Pada menit ke-70 Ronaldo diganti dan ia tampak jarang terpincang-pincang ke luar lapangan, sementara penonton mengiringinya dengan tepuk tangan sambil berdiri. (*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009