Istanbul (ANTARA News/AFP) - Raksasa bertetangga China dan India akan memimpin ekspansi Asia karena langkah stimulus domestik memacu permintaan, International Dana Moneter (IMF) memperkirakan Kamis.

Momentum pertumbuhan akan membangun Asia selama paruh kedua tahun 2009, membentuk dasar bagi suatu "pemulihan umum moderat" pada tahun 2010, karena permintaan dari ekonomi maju menguat, laporan mengatakan.

China akan tumbuh dengan 8,5 persen pada tahun 2009, turun dari sembilan persen tahun lalu, sementara India akan tumbuh 5,4 persen, turun dari 7,3 persen pada tahun 2008.

Tetapi pada tahun depan China akan tumbuh dengan sembilan persen, dan India dengan 6,4 persen, menurut prediksi IMF.

Pertumbuhan mereka didukung oleh kebijakan stimulus besar yang akan mendorong domestik, laporan "World Economic Outlook" mengatakan.

"Rebound di ekonomi-ekonomi maju dan ekonomi berkembang lainnya sedang dipimpin oleh kebangkitan di Asia, terutama di China dan India, dipicu oleh kebijakan stimulus dan siklus manufaktur global," kata laporan itu.

Tapi di Jepang, gambaran tidak begitu cerah.

Kegiatan ini diperkirakan menyusut 5,4 persen pada tahun 2009 secara keseluruhan meskipun stimulus fiskal yang cukup besar dan kenaikan ekspor moderat akan mendukung pertumbuhan di paruh kedua 2009 dan mengarah pada pemulihan 1,7 persen pada tahun 2010.

Namun, mengingat ekonomi kendur signifikan, inflasi Jepang akan tetap negatif sampai tahun 2012, kata laporan itu.

Untuk ASEAN (Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara) ekonomi, prospeknya bervariasi.

Dalam ekonomi lebih berorientasi ekspor seperti Malaysia dan Thailand, aktivitas akan naik secara bertahap selama paruh kedua tahun 2009, dengan pertumbuhan yang lebih kuat pada 2010.

Risiko terhadap prospek pertumbuhan keseluruhan menjadi lebih seimbang, tetapi bahaya mengintai, IMF menambahkan.

"Kenaikan dalam kegiatan sejauh didukung oleh banyak faktor yang ternyata bisa bersifat sementara - rebound pasar modal, penyesuaian persediaan, dan kebijakan fiskal dan moneter ekspansif," kata laporan itu.

"Karena itu mungkin tidak bisa membawa tentang pemulihan mandiri berkelanjutan jika aktivitas tidak memperkuat daerah lain."

"Namun demikian, pada sisi kenaikan, kebijakan stimulus di China dapat mendukung pemulihan di bagian lain di Asia," katanya menambahkan.

Dengan pemulihan naik kuat, tantangan sekarang adalah untuk menentukan kapan harus menarik dukungan fiskal dan moneter sekaligus menjamin transisi yang sukses untuk lebih pertumbuhan jangka menengah yang lebih seimbang, kata laporan itu.

Ketergantungan Asia pada permintaan ekspor telah memberikan kontribusi untuk naiknya ketidakseimbangan dan telah membuat wilayah ini rentan terhadap perkembangan permintaan global.

Tapi lama kembali ke pola pertumbuhan dan permintaan yang tidak mungkin "diberikan penyesuaian berlarut-larut di Amerika Serikat dan Eropa," kata laporan itu.

Akibatnya, banyak ekonomi Asia harus fokus pada permintaan dalam negeri untuk mendukung pertumbuhan.

Laporan ini juga memperingatkan tentang bahaya pertumbuhan kredit yang pesat dalam beberapa negara, terutama China, yang dapat menciptakan risiko dari overinvestment, harga aset tidak berkelanjutan, inflasi dan memburuknya kualitas kredit.

Ekspansi moneter harus dilepas begitu ada tanda-tanda pemulihan ekonomi yang jelas terbentuk, laporan menambahkan.

"Untuk mempromosikan pertumbuhan diperkuat lebih didasarkan pada permintaan domestik dan kurang adanya investasi dan ekspor, dukungan fiskal harus mendorong konsumsi swasta di Jepang, Korea, dan Taiwan," IMF menasihati.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009