Jakarta,(ANTARA News) - Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Gandung Pardiman mempertanyakan ketidakhadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam Sidang Paripurna Pengucapan sumpah anggota MPR periode 2009 - 2014.

"Mengapa dalam acara sakral seperti ini (sidang MPR -red) presiden tidak hadir," kata anggota MPR dari Fraksi Golkar ini saat melakukan interupsi ke pimpinan sementara MPR di Jakarta, Jumat.

Menjawab pertanyaan tersebut, Pimpinan MPR sementara Marzuki Alie mengatakan, bahwa presiden masih berada di Padang untuk memberikan perhatian khusus karena besarnya korban akibat gempa bumi sebesar 7,6 skala richter.

"Presiden pulang dari tugas kenegaraan pukul 11.00 Wib Rabu (1/10) kemarin. Setelah mendengar banyaknya korban gempa bumi Sumatera beliau langsung terbang ke Padang untuk memberi perhatian kepada para korban bencana," kata Marzuki Alie.

Sementara anggota MPR dari Fraksi Partai PDI Perjuangan Panda Nababan menyesalkan ketidakhadiran pemerintah saat pembahasan RUU pada periode 2004 - 2009 lalu.

"Saya berharap kondisi ini tak terulang kembali pada periode 2009 - 2014 ini," harap Panda.

Seperti pelantikan anggota DPR dan DPD, pelantikan anggota MPR pun tak dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di kursi yang disediakan bagi pimpinan negara hanya tampak Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pelantikan itu.

PresidenYudhoyono mengikuti konferensi G-20 di Amerika Serikat sejak pekan lalu, namun karena lawatan ini, Presiden melewatkan sejumlah agenda kenegaraan, antara lain Sidang Akhir MPR 29 September.(*)

Pewarta: mansy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009