Denpasar (ANTARA News) - Garuda Indonesia menambah penerbangan ekstra tujuan Padang, Sumatra Barat, sebagai upaya memudahkan penumpang yang hendak menjenguk sanak saudara pascagempa besar di provinsi itu yang terjadi Rabu (30/9).

General Manajer PT Garuda Indonesia Denpasar Bagus Y Siregar di Denpasar Jumat mengatakan, penerbangan tambahan tersebut dioperasikan sejak 1 Oktober 2009.

"Ekstra penerbangan ini melayani dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ke Padang Sumatra Barat menggunakan pesawat Airbus A-330 dengan kapasitas sebanyak 260 tempat duduk pergi-pulang (PP)," kata Bagus Siregar yang didampingi humasnya Wayan Supatra Yasa.

Ia mengatakan, jadwal penerbangan GA-1602 berangkat dari Jakarta pukul 13:00 Wib dan akan tiba di Kota Pada pukul 14:40 WIB, sedangkan GA-1612 berangkat dari Padang pukul 15:40 WIB, tiba di Jakarta pukul 17:20 WIB.

"Untuk penerbangan ke Padang pihak Garuda secara umum menetapkan harga tiket pada kelas L atau harga menengah. Bahkan untuk penerbangan yang kembali dari Padang ke Jakarta menetapkan harga sebesar Rp50 ribu diluar `fuel surchange dan tax`," katanya.

Dikatakannya, penumpang warga Padang yang berangkat dari Bali untuk menjengguk keluarganya diberikan juga harga khusus sebesar Rp450 ribu dari tiket yang biasanya Rp1,5 juta.

Selain itu, kata Bagus Siregar, sebagai upaya untuk membantu meringankan para korban musibah gempa bumi pihak Garuda bekerja sama dengan PMI untuk memberikan kemudahan pengangkutan bantuan medis secara gratis.

Dengan penerbangan tambahan tersebut berarti pihak maskapai Garuda Indonesia mengoperasikan tujuh penerbangan dari Jakarta - Padang Sumatra Barat PP.

"Untuk para relawan dan wartawan yang ingin melakukan peliputan ke Padang diberikan potongan harga sebesar 50 persen dari harga biasa dengan syarat menunjukkan identitas diri atau kartu pengenal," katanya.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009