Jakarta, 5 Oktober 2009 (ANTARA) - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bekerjasama dengan pemerintah Indonesia menyediakan bantuan bagi para korban gempa bumi di Sumatera Barat, dan mengkoordinasi bantuan kemanusiaan dari masyarakat internasional.

Dalam waktu 24 jam setelah gempa mengguncang Sumatera Barat pada tanggal 30 September yang menyebabkan hilangnya ratusan jiwa manusia dan kerusakan yang sangat parah, pemerintah Indonesia telah merespon bantuan kedaruratan secara cepat dan efektif, serta menerima bantuan yang ditawarkan oleh negara-negara sahabat dan organisasi internasional.

PBB di Indonesia telah mengirim tim gabungan pada tanggal 1 Oktober untuk membantu koordinasi kajian cepat yang akan dilakukan bersama oleh berbagai organisasi internasional untuk mengidentifikasi kebutuhan kedaruratan yang mendesak diperlukan saat ini. Tim United Nations Disaster Assessment and Coordination System (UNDAC) saat ini juga telah berada di lapangan untuk membantu pemerintah berkoordinasi dengan tim SAR internasional. Dana kedaruratan juga telah disiapkan untuk melengkapi usaha kedaruratan pemerintah.

Bantuan awal yang diberikan oleh badan-badan PBB di antaranya adalah perangkat kebutuhan keluarga, tenda sekolah, perangkat kesehatan reproduksi dan peralatan berat untuk membantu usaha SAR.

PBB bersama LSM nasional dan internasional serta pihak-pihak terkait lainnya mengirimkan staf yang berpengalaman, sumber daya, bahan-bahan bantuan ke daerah yang terkena dampak, serta menyediakan bantuan logistik untuk mendukung respon nasional. Kebutuhan para korban saat ini sedang dikaji untuk memastikan penggunaan sumber daya yang ada dengan cara yang paling efektif dan tepat waktu. PBB telah menempatkan perwakilan koordinasi di POSKO Gempa Sumatera Barat yang berada di rumah dinas Gubernur.

"Mengingat besarnya skala bencana, PBB tetap berkomitmen untuk membantu usaha pemerintah menyediakan bantuan kepada para korban," demikian Koordinator Kemanusiaan PBB di Indonesia, El-Mostafa Benlamlih, mengatakan. "Dengan datangnya bantuan internasional, koordinasi antara pemerintah dan pihak-pihak yang menyediakan bantuan sangat penting untuk memastikan bantuan didistribusikan secara merata kepada mereka yang sangat membutuhkan."

PBB menyampaikan turut berduka cita kepada para korban bencana gempa di Sumatera Barat, dan berharap usaha SAR akan membantu menyelamatkan jiwa mereka yang masih tertimbun reruntuhan.

Further Information:
Laksmita Noviera Olenka PriyadarsaniAdila Arief
Email: noviera@un.org Email: olenka.priyadarsani@undp.orgEmail: adila.arief@unic-jakarta.org
Tel: 314 1308 ext 126 Tel: 314 1308 ext 179 Tel: 3983 1011
Mobile: 0811 840 820Mobile: 0813 1471 8320Mobile: 0811 1891 736



Pewarta: mansy
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2009