Jakarta (ANTARA News) - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada 2009 naik tipis menjadi 0,734 dari 0,728 pada 2007, demikian laporan pembangunan manusia United Nations Development Programme (UNDP) di Jakarta, Senin.

IPM yang dibuat dengan mengacu data-data pembangunan manusia tahun 2007 itu menempatkan Indonesia pada ranking ke 111 dari 182 negara yang terdata.

"Angkanya masih lebih rendah dibandingkan IPM negara tetangga. Artinya, meskipun pemerintah sudah berusaha namun usahanya belum sebesar negara-negara tetangga karena IPM mereka naik bermakna," kata Rizal malik, Team Leader of Governance Unit UNDP.

Ia menjelaskan, pengukuran IPM mengacu pada tiga dimensi pembangunan manusia yakni kehidupan yang panjang dan sehat, kesempatan menikmati pendidikan dan hidup dengan standar yang layak (antara lain diukur dari daya beli dan pendapatan--red).

Peningkatan IPM tak bermakna yang membuat Indonesia berada di bawah negara-negara tetangga di kawasan Asia, menurut Rizal, antara lain terjadi karena investasi pemerintah dalam pembangunan kesehatan dan pendidikan masih rendah.

"Anggaran pemerintah lebih banyak dialokasikan untuk menggaji pegawai. Porsi untuk pembangungan kesehatan dan pendidikan masih rendah. Anggaran pendidikan yang baru-baru ini dinaikkan menjadi 20 persen pun alokasinya saya yakin lebih untuk gaji pegawai," jelasnya.

Hal itu, kata dia, membuat capaian target pembangunan kesehatan dan pendidikan yang dilihat dari peningkatan angka harapan hidup, angka melek huruf dan akses ke sarana pendidikan tidak sesuai harapan sehingga rangking IPM Indonesia masih berada di bawah negara-negara tetangga seperti Malaysia (66), Singapura (23), Filipina 9105), Thailand (87) dan bahkan Sri Lanka (102).
(*)

Pewarta: mansy
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009