Pekanbaru (ANTARA News) - Dua kandidat Ketua Umum DPP Partai Golkar Surya Paloh dan Aburizal Bakrie masih yakin akan memenangi rivalitas memperebutkan posisi ketua umum partai ini.

Anggota Tim Sukses Surya Paloh Sugeng Suprawoto kepada pers di sela-sela Munas ke-8 Partai Golkar di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Selasa, bahkan optimistis Surya Paloh akan menang dalam satu putaran.

Aturan dalam tatib menyebutkan, seorang kandidat secara otomatis ditetapkan sebagai pemenang jika mampu memperoleh dukungan minimal 50 persen plus 1 suara di putaran pertama, sehingga dengan total suara yang diperebutkan mencapai 538, maka suara minimal yang harus dimiliki kandidat adalah 270 suara.

Sugeng mengemukakan, Surya Paloh telah memperoleh dukungan dari mayoritas DPD II Golkar. Dukungan itu telah dinyatakan dalam bentuk tertulis dan pihaknya yakin DPD II yang sudah memberi dukungan akan konsisten.

Sementara anggota Tim Sukses Surya Paloh, Poempida Hidayatullah mengatakan, program yang diusung Aburizal, Tommy dan Yuddy Chrisnandi dengan mengusung paradigma Golkar bukan koalisi pemerintah, mandiri dan kritis tidak layak lagi untuk diusung Golkar.

"Program itu telah terbukti gagal," katanya.

Surya Paloh, menurut Poempida, sosok yang konsisten dan kritis. Selain itu, Surya punya komitmen mengucurkan dana untuk membangun Golkar. "Semua program, kecuali Aburizal, akan saya dukung. Tapi selain program ada hal yang lebih penting, yakni konsistensi. Surya memiliki kriteria terakhir yang saya sebutkan," katanya.

Di tempat terpisah, kandidat Aburizal Bakrie juga menyatakan yakin memenangi pertarungan karena sudah mendapat dukungan dari 386 DPD dan yakin pendukungnya akan konsisten hingga tahap pemilihan ketua umum.

"Saya optimistis menang. Insya Allah," katanya kala didampingi mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar Akbar Tandjung.
(*)

Pewarta: rusla
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009