Milan (ANTARA News/Reuters) - Roberto Donadoni hari Selasa dipecat sebagai pelatih Napoli setelah hanya tujuh bulan menjadi pelatih klub Liga Utama Italia itu, sementara mantan Bos Sampdoria, Walter Mazzarri, ditunjuk sebagai penggantinya.

"Keputusan itu merupakan keputusan yang diperlukan untuk memberikan dorongan baru pada musim kami," kata Presiden klub Serie A itu, Aurelio De Laurentiis, dalam sebuah pernyataan.

Donadoni, yang dipecat sebagai pelatih tim nasional Italia setelah tim asuhannya tampil kurang baik di Euro 2008, menjadi pelatih Napoli bulan Maret, tetapi ia harus membayar empat pertandingan tandang tanpa satu angka pun musim ini.

Para pendukung frustasi atas taktiknya dan ada laporan tentang ketidakpuasan di antara para pemain.

Presiden De Laurentiis, seorang sutradara film, juga mengecam Donadoni di media beberapa pekan belakangan ini dan kepergiannya tak terelakkan lagi.

De Laurentiis, yang memperbarui klub Napoli itu setelah bangkrut di tahun 2004 dan membawa kembali klub tersebut ke liga papan atas, mengucurkan uang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah terbanyak uang musim transfer dan posisi ke-15 dianggap sebagai tidak cukup baik.

Ia merasa jengkel dengan kualitas pemain yang didatangkan dan beberapa pemain yang dibiarkan pergi. Donadoni pertama kali bentrok dengan Direktur Olah Raga, Pierpaolo Marino, yang pekan lalu meninggalkan klub tersebut.

De Laurentiis masih memberi kepercayaan kepada Donadoni untuk membawa Napoli bertanding dengan dengan AS Roma dalam laga Serie A hari Minggu. Kekalahan 1-2 dari AS Roma yang banyak dilanda cedera pemain menentukan nasibnya.

Mantan gelandang Italia dan AC Milan itu hanya mempunyai pengalaman kepelatihan terbatas sebelum menggantikan Marcello Lippi sebagai pelatih juara dunia itu di tahun 2006 dan sejak itu karirnya tidak berkembang.

Mazzarri membawa Sampdoria menempati posisi keenam di Liga Utama Italia tahun 2008 dalam tahun pertama kedudukannya sebagai pelatih klub itu, tetapi musim lalu mereka hanya menempati posisi ke-13 di Serie A dan ia digantikan oleh Luigi Del Neri, yang membawa mereka ke puncak klasemen.

Mazzarri sebelumnya adalah asisten pelatih di Napoli tahun 1998.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009