Makassar (ANTARA News) - Persipura Jayapurasukses mengokohkan diri menjadi raja sepakbola Indonesia, setelah dalam ajang Community Shield mampu menumbangkanSriwijaya FC dengan skor 3-1, di Stadion Mattoanging Gelora Andi Mattalatta, Makassar, Rabumalam.

Tampil dengan dukungan ratusan suporter masyarakat Papua yang menetap di Makassar, Juara Indonesian Super Liga, Persipura Jayapura justru tampil kurang maksimal. Akibatnya, pertahanan yang digalang Bio Paulin dkk sempat mendapat ancaman beberapa kali dari para pemain depan Sriwijaya FC Keith Kayamba dan Oktavianus.

Bahkan selang menit ke-9, striker yang musim lalu memperkuat Persitara Jakarta Utara, Rahmat Rivai yang mendapat umpan matang dari pemain timnas Indponesia, M Nasuha nyaris membuat Sriwijaya FC unggul, andaikata tendangannya tidak diantisipasi dengan sempurna oleh penjaga gawang Persipura Jendri Pitoy.

Namun kondisi itu akhirnya sedikit bisa diredam dengan sedikit bermain keras, hasilnya pada menit ke-16. Pemain bertahan persipura yang sempat terjun didunia politik, Jack Komboy harus diganjal kartu kuning karena melakukan pelanggran cukup keras kepada M Nasuha.

Seakan tak ingin terus menjadi bulan-bulanantim Wong Kito, tim Mutiara Hitam mulai jual beli serangan, hal itu terlihat dengan hadirnya peluang dari Boaz Salossa pada dimenit ke-20 melalui tendangan kerasnya diluar kotak finalti meskipun akhirnya tidak menemui sasaran.

Pada menit ke-38, pemain bertahan Persipura kembali diganjar kartu kuning, kali ini giliran Bio Paulin yang harus mengganjal Rahmat Rivai sedikit dari luar kotak finalti.

Peluang emas Sriwijaya didapatkan Keith Kayamba yang menerima umpan matang dari Tahmat Rivai yang sukses menerobos sisi kiri pertahanan Persipura tetapi tidak dapat dimanfaatkan sempurna hingga tidak mengubah kedudukan 0-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persipura yang memasukkan sejumlah pemain baru mulai tampil seperti ciri khasnya selama ini, hasilnya pada menit ke 60, Boaz yang lolos dari jebakan off side sukses membawa timnya unggul 1-0.

Mengandalkan skill individu dari para pemain, Persipura kembali menambah gol nebjadiu 2-0 pada menit 66 melalui Tinus Pae.

Tersengat dengan dua gol yang terjadi, Sriwijaya mulai mengubah skema permainan. Usaha itupun akhirnya berbuah manis setelah pada menit ke 73, Keith Kayamba sukses memperdaya Jendri Pitoy dengan tendangan kerasnya dari luar kotak finalti sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-1-.

Harapan Sriwijaya untuk memaksakan hasil imbang, akhirnya sirna dengan lahirnya gol kedua Boaz diujung pertandingan sekaligus memantapkan kemenangan Persipura menjadi 3-1.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009