Washington (ANTARA News/AFP) - Raksasa aluminium AS Alcoa pada Rabu, berayun menjadi laba dalam kuartal ketiga setelah tiga kuartal berturut-turut merugi, dalam sebuah awal positif musim laporan pendapatan triwulan perusahaan AS.

Perusahaan mengatakan membukukan laba bersih 77 juta dolar AS atau delapan sen per saham dalam kuartal yang berakhir September, dibandingkan dengan kerugian bersih untuk kuartal kedua 454 juta dolar AS atau 47 sen per saham.

Alcoa adalah perusahaan pertama di blue-chip Dow Jones Industrial Average yang mengumumkan hasil untuk tiga bulan sampai 30 September. Alcoa diperkirakan melaporkan kerugian tidak termasuk hal-hal khusus termasuk sembilan sen per saham.

Pendapatan untuk kuartal itu 4,6 miliar dolar AS dibandingkan dengan 4,2 miliar dolar AS di kuartal kedua, atau naik sembilan persen, Alcoa mengatakan dalam sebuah pernyataannya.

"Kami mengambil langkah-langkah keuangan dan operasional dalam paruh pertama tahun ini, yang memiliki dampak positif kuat pada posisi kas dan keuntungan kami," kata kepala eksekutif Alcoa, Klaus Kleinfeld.

"Meskipun mata uang dan energi tidak menguntungkan, kinerja kami kuartal ini menunjukkan bahwa Alcoa tahan terhadap cuaca badai ekonomi dan membentuk keuntungan sangat baik ketika pasar pulih," katanya.

Dalam paruh kedua tahun 2009, ada tanda-tanda bahwa pasar-pasar utama perusahaan beroperasi dalam kondisi stabil, katanya.

"Karena persediaan di distributor rendah dan meningkatnya pengiriman, premi regional adalah meningkatkan konsumsi aluminium global dan diperkirakan akan meningkat 11 persen di paruh kedua tahun 2009," kata pernyataan itu.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009