Abuja (ANTARA News/AFP) - Produksi minyak mentah Nigeria berkisar antara 1,6 hingga 1,7 juta barel per hari (bph) setelah kesepakatan amnesti untuk militan yang melancarkan kekerasan "perang minyak," kata menteri perminyakan Kamis.

"Kondensat dan minyak mentah, kita lakukan sekitar dua juta barel per hari. Harga minyak mentah berfluktuasi antara 1,6 dan 1,7 juta barel per hari," Menteri Perminyakan Rilwan Lukman mengatakan dalam sebuah wawancara.

Angka itu satu juta barel kurang dari 2,6 juta barel per hari produksi produsen minyak terbesar kedelapan di dunia yang digunakan untuk memompa pada tahun 2005, sebelum timbulnya pemberontakan minyak di selatan Delta Niger.

Produksi minyak Nigeria turun menjadi sekitar 1,3 juta barel per hari akhir-akhir ini karena serangan oleh militan Delta Niger, kata menteri kepada wartawan.

"Kami berharap output akan membaik," setelah amnesti, kata menteri.

"Kami memiliki kapasitas memproduksi lebih dari tiga juta barel per hari, semakin damai kita miliki, semakin stabilitas yang kita miliki, kita harus mampu menghasilkan lebih banyak," katanya.

Dia mengatakan negara telah mampu memenuhi kuota OPEC.

"Ini berfluktuasi dari hari ke hari, (tetapi) kita penuhi kuota kita," tambahnya.

Kegiatan militan di daerah kaya minyak - termasuk penculikan sebagian besar pekerja minyak asing dan menyabot instalasi minyak - telah memukul output.

Nigeria peringkat kedelapan di antara 12 negara kartel minyak dunia, Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), dan masih berjuang untuk mendapatkan kembali posisinya sebagai produsen minyak terkemuka Afrika setelah dikalahkan oleh Angola.

Presiden Umaru Yar`Adua pada Juni telah menyatakan amnesti bagi semua militan Delta Niger yang menjatuhkan lengan mereka untuk memeluk perdamaian.

Amnesti, yang secara resmi melepas pada 6 Agustus, berakhir pada 4 Oktober.

Lebih dari 8.000 dari militan telah meletakkan senjata sejauh ini, pejabat mengatakan pada Kamis.

Angka yang dikeluarkan oleh Timiebi Koripamo-Agary, juru bicara pemerintah tim amnesti, menunjukkan itu hingga Selasa - dua hari setelah tenggat waktu amnesti - 8.299 militan telah tercatat di tujuh penghasil minyak negara di selatan Nigeria.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009