Manado (ANTARA News) - "Pesta Nelayan Danau Tondano 2009, akan mendorong pembangunan pariwisata di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) untuk maju.

"Kegiatan ini akan membangkitkan pariwisata di Minahasa," kata Bupati Minahasa Vreke Runtu, pada sela-sela Pesta Nelayan Danau Tondano 2009, Sabtu.

Acara yang digelar di obyek wisata Danau Tondano Sumaru Endo, Remboken Minahasa tersebut dipadati pengunjung yang datang dari berbagai kota di Sulawesi Utara (Sulut).

Vreke Runtu mengatakan, kegiatan yang diprakarsai Institut Seni Budaya Sulawesi Utara tersebut dinilai merupakan langkah awal kebangkitan pariwisata danau di daerah itu.

Kegiatan ini dinilai sangat luar biasa dan ternyata mendapat respons positif dari masyarakat dan dukungan besar dari berbagai pihak.

Kedepan pemerintah akan memprogramkan kegiatan seperti ini untuk dilakukan secara berkelanjutan.

Dengan kegiatan kontinu ini maka potensi pariwisata danau yang dimiliki tersebut akan diberdayakan.

Melalui berbagai kegiatan dilakukan maka akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik berkunjung ke Sulut.

"Ini juga aka memberikan nilai tambah bagi ekonomi masyarakat sekitar," katanya dan menambahkan pelaksanaan kegiatan itu juga menjadi sarana hiburan bagi masyarakat.

Pesta Nelayan Danau Tondano tersebut dilakukan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat nelayan diantaranya menangkap ikan tanpa bantuan alat, lomba dayung serta lomba perahu hias.

Pada kegiatan, itu dilakukan parade perahu "bolotu" yang diikuti sekitar 670 perahu dan masuk dalam Musuem Rekor Indonesia (MURI).(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009