Padang (ANTARA News) - Bantuan untuk korban gempa Sumbar dengan kekuatan 7,9 SR terus mengalir dari berbagai donatur, total bantuan yang tercatat Minggu (11/10) sebanyak Rp13,6 Milyar.

Sekretaris Sakorlak penanggulangan bencana (Sakolak PB) Sumbar, Sudirman Gani, di Padang, Minggu, mengatakan total bantuan dari beberbagai donatur yang terkumpul hingga Mingg (11/10) sebanyak Rp13,60 M lebih.

"Bantuan dalam bentuk uang tunai seperti dari Dirjen ESDM, sebesar Rp7,3 M, pemerintah pusat sebesar Rp 5 M serta bantuan dari para donatur yang ikut menyumbang", katanya.

Menurutnya, disamping dalam bentuk uang tunai, para donatur ada yang memberikan bantuan dalam bentuk barang.

Bantuan dalam bentuk barang yakni, Indo Mei, beras, makan kaleng seperti Sarden, dan Biskuit, selimut dan lain sebagainya.

Dia mengatakan, bantuan yang diterima Sakorlak PB Sumbar, langsung di distribusikan masing-masing daerah yang terkena gempa.

"Tidak ada bantuan dari para donatur tersebut yang menumpuk di gudang Sakorlak Penanggulangan bencana (Sakorlat PB) Sumbar", katanya.

Berikut rincian bantuan yang telah disalurkan untuk korban gempa yang ada di Sumbar.

Para relawan atau petagas yang membawa bantuan sebanyak 136 dus air mineral, 70 kg beras, 7 dus Sarden, 100 lembar selimut, 12 lembar tikar.

Dropin dari udara Polda Sumbar 600 dus mie instan, 150 kaleng biskuit, 60 selimut, 3 lembar pakian. Droping IOF ke Tandiket 1000 dus mie instan, 25 dus air mineral, 100 kaleng biskuit, 50 lembar selimut.

Droping dari Poltabes 200 dus mie instan, 50 dus air mineral, 250 kg beras, 3 dus susu, 5 dus roti kering, 50 kg gula.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009