Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan cuaca di Perairan Merak-Bakauheni pada Senin berpeluang terjadi hujan dengan tinggi gelombang maksimum 1,2 meter.

Selain itu, di Selat Sunda bagian Utara itu, angin diprediksikan bertiup dari Timur ke Tenggara engan kecepatan 06-12 knot.

Di Selat Sunda bagian Selatan, cuaca pun berpeluang hujan, angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 06-12 knot, dan tinggi gelombang 0,8-2,0 meter.

Sementara di Selat Bali bagian Utara (Ketapang-Gilimanuk), cuaca diprediksikan berawan, angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 05-10 knot, dan tinggi gelombang 0,5-1,25 meter.

Di Selat Bali bagian Selatan dan Selat Badung, tinggi gelombang diprediksikan 0,5-1,5 meter, cuaca berawan dan kecepatan angin 05-15 knot.

Kemudian, di Selat Lombok bagian Utara (Padang Bai-Lembar) dan Selat Lombok bagian Selatan, tinggi gelombang diprediksikan 0,5-1,5 meter, angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 05-15 knot.

Selanjutnya di Selat Bangka bagian Utara, Selat Bangka bagian Selatan, dan Selat Gelasa, tinggi gelombang diprediksikan 1,0-2,0 meter, cuaca berawan banyak hingga hujan, angin bertiup dengan kecepatan 10-15 knot dari arah Timur ke Selatan.

BMKG juga menginformasikan, tinggi gelombang 2,0-3,0 meter berpeluang terjadi di Perairan Barat Lampung, Perairan Selatan Jawa Timur, dan Laut Arafuru.

Kemudian, gelombang setinggi 3,0-4,0 meter berpeluang terjadi di Perairan Selatan Banten hingga Jawa Tengah dan Perairan Merauke.

Sementara hujan lebat disertai petir berpeluang terjadi di Laut Natuna, Selat Malaka, Perairan Barat Lampung, Selat Karimata, Laut Jawa, Laut Seram, Laut Halmahera, Perairan Utara Papua, dan Laut Arafuru.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009