Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum KONI/KOI Pusat Rita Subowo mengatakan, Indonesia berencana akan mengirimkan 320 atlet ke ajang SEA Games di Laos pada Desember mendatang.

"Kemungkinan kita akan mengirimkan 320 atlet ke SEA Games di Laos pada Desember nanti. Kita akan menghadapi persaingan yang begitu ketat karena tuan rumah Laos dan Vietnam saja menyertakan 800 atlet," ujar Rita Subowo di Jakarta, Selasa.

Hal itu dikatakan Rita Subowo saat menerima penyerahan bonus atlet sebesar Rp500 juta dari Pusat Pengelolaan Direksi Gelora Bung Karno (PP GBK) Senayan Jakarta dari Direktur Utama Bambang Prajitno.

Rita mengatakan, dengan gambaran jumlah atlet tersebut Indonesia harus berjuang keras untuk bisa memperbaiki prestasi dan peringkatnya di ajang SEA Games, dimana Indonesia menempati peringkat keempat di SEA Games 2007 di Nakhon Naratchima Thailand.

"Kita sedang usahakan terus menerus agar jumlah atlet yang dikirimkan bisa maksimal baik secara kuantitas maupun kualitas, demikian pula dalam hal pendanaan dari pemerintah," ujarnya.

Mengenai kesejahteraan atlet, Rita juga mengungkap bahwa di luar negeri atlet menerima bantuan dari pemerintah justru pada saat mereka menjelang "pensiun" sebagai atlet seperti pemberian subsidi sebesar 1.500 dolar untuk peraih medali emas, 1.000 dolar untuk peraih perak dan 750 dolar untuk peraih perunggu.

Rita sendiri menyambut gembira pemberian bantuan bonus dari PP GBK yang diserahkan oleh Direktur Utama Bambang Prajitno, kemarin. Menurutnya, hal itu membuktikan perhatian dari pihak pemerintah yang patut disyukuri oleh para atlet.

"Kita harus tampil dengan semangat tinggi setiap kali menghadapi ajang event internasional. Yang penting kita harus benar-benar fokus dalam mempersiapkan atlet. Pemberian bantuan dari GBK merupakan kontribusi yang sangat besar bagi atlet yang terpencar dimana-mana," ujarnya.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009