Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Menteri Luar Negeri Jepang Katsuya Okada di Kantor Kepresidenan Jakarta, Selasa malam.

Okada melakukan kunjungan ke Indonesia selama dua hari, 13-14 Oktober 2009. Di Indonesia, Okada melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat Indonesia di Jakarta, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda pada Selasa.

Kemudian pada Rabu pagi Okada dijadwalkan melakukan kunjungan ke
Pariaman, salah satu lokasi yang terkena dampak gempa bumi Sumatra Barat 30 September 2009.

Sebelumnya pemerintah Jepang telah menyampaikan ucapan simpati dan kesediaannya untuk membantu pemerintah Indonesia mengatasi dampak bencana yang merenggut 800-an korban jiwa.

Dalam pertemuannya dengan Menkeu, Okada menyampaikan harapan pemerintah Jepang untuk mengintensifkan kerjasama dengan pemerintah Indonesia.

Baik Jepang maupun Indonesia sama-sama baru menyelesaikan pemilihan umum kepala pemerintahan. Di Indonesia Presiden Yudhoyono kembali terpilih untuk masa jabatan kedua, sedangkan PM Yukio Hatoyama menjadi perdana menteri baru Jepang pertama dalam 50 tahun terakhir yang tidak berasal dari LDP.(*)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009