Jakarta (ANTARA News) - Tim bolavoli putra Indonesia memenuhi undangan dari federasi bolavoli Uni Emirat Arab (UEA) untuk mengikuti kejuaraan yang dimulai 22 Oktober mendatang.

"Sebelum tampil ke SEA Games di Laos nanti kami masih memiliki kesempatan untuk menjajal tim nasional kita di ajang internasional. Kami akan tampil di UEA Championship yang akan berlangsung 22-28 Oktober," ujar Manajer Tim Bolavoli Indonesia, Heyzer Harsono, di Jakarta, Rabu.

Heyzer mengatakan, timnya akan berangkat sesuai undangan yang diterima dari Federasi Bolavoli UEA dan timnya akan berangkat pada 20 Oktober nanti.

Diungkapkannya, kejuaraan tersebut baru pertama kali digelar sehingga tak mudah untuk memprediksi calon lawan-lawan Indonesia di kejuaraan itu. Namun sepengetahuannya, kejuaraan itu akan diikuti antara 10-12 negara peserta.

Tim Indonesia yang tengah melakukan pemantapan di Pelatnas menyambut gembira kejuaraan tersebut dan akan membawa 12 pemain ke UEA dalam keberangkatan 20 Oktober nanti.

Mengenai materi pemain, Heyzer mengungkapkan sebagian besar akan membawa materi pemain yang baru-baru ini ditampilkan pada kejuaraan Asia di Manila, Filipina.

Tetapi dari 16 pemain akan dipilih formasi yang paling tepat dengan meninggalkan pemain-pemain secara bergiliran sehingga belum dapat memastikan nama-nama yang dibawa.

"Kami akan membawa 12 pemain inti. Empat pemain yang ditinggal di Jakarta dilakukan secara bergantian. Dari tiga kali keikutsertaan kami ke turnamen di luar negeri tiga kali pula formasi materinya berbeda-beda. Sebab bagaimana pun pemain yang dibawa dibatasi hanya 12 orang," ujarnya.

Pada keikutsertaan tim bolavoli Indonesia di Kejuaraan Asia di Manila baru-baru ini, tim yang dilatih Li Qiujiang berhasil menempatkan tim Merah Putih di peringkat keenam Asia pada akhir kejuaraan.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009