Bogor (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menggelar perpisahan dengan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) yang setia mendampinginya selama lima tahun terakhir.

Pada acara silaturahmi dengan wartawan di Puri Cikeas Indah, Bogor, Rabu malam, Presiden mengatakan perpisahan itu akan diadakan di Istana Negara pada Jumat 16 Oktober 2009.

"Saya berencana untuk menyelenggarakan `farewell, sementara ini pada 16 Oktober mendatang. Saya akan mengundang para menteri dan beliau-beliau yang pernah bertugas bersama saya dalam lima tahun ini," tuturnya.

Acara perpisahan itu tidak hanya mengundang menteri-menteri yang masih bertugas hingga 20 Oktober 2009, namun juga menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang bertugas sejak 2004 tetapi diberhentikan di tengah jalan seprti Hamid Awaluddin dan Yusril Ihza Mahendra.

Yudhoyono mengungkapkan bisa saja menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang menghadiri perpisahan pada 16 Oktober 2009 itu nantinya akan kembali menjadi pembantunya pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid dua.

"Bisa saja setelah `farewell` itu ada yang kembali bertugas dan ada juga mengabdi di tempat lain," ujarnya.

Pada 21 Oktober 2009, Yudhoyono sebagai calon presiden terpilih periode 2009-2014 akan mengumumkan kabinet baru.

Pria yang akan menjabat Presiden kedua kali mulai 20 Oktober 2009 itu berjanji tidak hanya akan mengumumkan nama-nama menteri.

Yudhoyono berjanji akan menyebutkan pertimbangan yang menjadi alasan pemilihan menteri tersebut serta tugas-tugas yang harus dilaksanakannya dalam lima tahun mendatang.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009